IMPLEMENTASI DESAIN FONT “KAMPUNG LAWAS” PADA GAPURA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Identitas visual memiliki makna sebagai segala bentuk identitas sebuah produk, brand, atau individu yang dapat diidentifikasi secara visual. Identitas visual merupakan wajah pertama yang akan dikenali oleh masyarakat ketika sebuah brand muncul ke permukaan. Begitu pula bagi Kampung Lawas Maspati, yaitu sebuah kampung yang berada di kota Surabaya dimana kampung ini dahulu ditinggali oleh keluarga Keraton Solo, sehingga masih tersisa bangunan dengan arsitektur yang khas digunakan keluarga kerajaan. Kampung ini memiliki potensi wisata yang besar. Namun, Kampung Lawas tersebut belum memiliki identitas visual yang menandakan ciri dari Kampung Lawas dan kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan Kampung Lawas. Tujuan perancangan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan identitas pada kampung lawas Maspati sehingga mudah dikenali oleh masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yaitu observasi dan studi pustaka yang dilakukan dengan mengamati lokasi dan membuat dokumentasi serta pencarian informasi. Pengembangan konsep visual melalui perancangan typeface sampai ke tahap perancangan implementasi desain font. Hasil penelitian ini adalah desain font bernama “Kampung Lawas” yang bentukannya mengacu pada desain atap rumah warga setempat. Selanjutnya, font tersebut diimplementasikan pada desain gapura Kampung Lawas Maspati sebagai identitas visual.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Solicitor, widyasari.
JAJANAN TRADISIONAL PRODUK UKM KAMPUNG KUE (STUDI KASUS UD. DIEVA CAKE). Surabaya: Jurnal Gestalt.
Wibisoso, Daniel. 2017. PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI USAHA KERAJINAN DAN AKSESORI TALI SEPATU GREENAPPLE KEBUMEN. Semarang: UNNES Repository.
Wardani, Tiara. 2019. CITRA OBJEK WISATA KAMPUNG LAWAS MASPATI, KOTA SURABAYA DI MATA WISATAWAN NUSANTARA. Yogyakarta: Gadjah Mada Journal of Tourism Studies.
Winarni, Dewi. 2013. POTENSI DESA MELALUI PARIWISATA PEDESAAN. Jakarta: Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ.
Tiara dan kawan kawan. 2020. PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY UMKM BOLU UMMI. Depok: Jurnal Printing dan Teknologi PNJ.
Prasaja, Dhimas. 2019. "Melihat Kampung Lawas Maspati Surabaya", https://surabaya.liputan6.com/read/4030855/m elihat-kampung-lawas-maspati-surabaya , diakses pada 20 Juni pukul 13.45
Kurniawan, Aris. 2021. "Pengertian Tipografi dan Menurut Para Ahli",
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian- tipografi/ , diakses pada 22 Juni pukul 19.46 Johnson, Jamahl. 2020. "Visual identity: everything you need to know about this essential aspect of branding", https://99designs.com/blog/logo- branding/visual-identity/ , diakses pada 22 Juni pukul 19.49
Apri. 2021. "Yakin Sudah tahu Typeface dan Font? Serupa atau Beda", https://www.apridesain.id/blog/beda-typeface- dan-font/ , diakses pada 22 Juni pukul 19.53
Prihastomo, Bondan. 2016. "Desain Kawasan Binaan : Landmark, Vista, dan Focal Point", https://bondanprihastomo.wordpress.com/sepu tar-arsitektur-interior/landmark-vista-dan- focal-point/ , diakses pada 22 Juni pukul 20.00