IMPLEMENTASI DESAIN FONT “KAMPUNG LAWAS” PADA GAPURA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA

Main Article Content

Aulia Aisy Azzahra
Mahimma Romadhona

Abstract




Identitas visual memiliki makna sebagai segala bentuk identitas sebuah produk, brand, atau individu yang dapat diidentifikasi secara visual. Identitas visual merupakan wajah pertama yang akan dikenali oleh masyarakat ketika sebuah brand muncul ke permukaan. Begitu pula bagi Kampung Lawas Maspati, yaitu sebuah kampung yang berada di kota Surabaya dimana kampung ini dahulu ditinggali oleh keluarga Keraton Solo, sehingga masih tersisa bangunan dengan arsitektur yang khas digunakan keluarga kerajaan. Kampung ini memiliki potensi wisata yang besar. Namun, Kampung Lawas tersebut belum memiliki identitas visual yang menandakan ciri dari Kampung Lawas dan kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan Kampung Lawas. Tujuan perancangan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan identitas pada kampung lawas Maspati sehingga mudah dikenali oleh masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yaitu observasi dan studi pustaka yang dilakukan dengan mengamati lokasi dan membuat dokumentasi serta pencarian informasi. Pengembangan konsep visual melalui perancangan typeface sampai ke tahap perancangan implementasi desain font. Hasil penelitian ini adalah desain font bernama “Kampung Lawas” yang bentukannya mengacu pada desain atap rumah warga setempat. Selanjutnya, font tersebut diimplementasikan pada desain gapura Kampung Lawas Maspati sebagai identitas visual.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azzahra, A. A. ., & Romadhona, M. . (2022). IMPLEMENTASI DESAIN FONT “KAMPUNG LAWAS” PADA GAPURA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(01), 1–8. https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i01.1039
Section
Artikel

References

Solicitor, widyasari.

JAJANAN TRADISIONAL PRODUK UKM KAMPUNG KUE (STUDI KASUS UD. DIEVA CAKE). Surabaya: Jurnal Gestalt.

Wibisoso, Daniel. 2017. PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI USAHA KERAJINAN DAN AKSESORI TALI SEPATU GREENAPPLE KEBUMEN. Semarang: UNNES Repository.

Wardani, Tiara. 2019. CITRA OBJEK WISATA KAMPUNG LAWAS MASPATI, KOTA SURABAYA DI MATA WISATAWAN NUSANTARA. Yogyakarta: Gadjah Mada Journal of Tourism Studies.

Winarni, Dewi. 2013. POTENSI DESA MELALUI PARIWISATA PEDESAAN. Jakarta: Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ.

Tiara dan kawan kawan. 2020. PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY UMKM BOLU UMMI. Depok: Jurnal Printing dan Teknologi PNJ.

Prasaja, Dhimas. 2019. "Melihat Kampung Lawas Maspati Surabaya", https://surabaya.liputan6.com/read/4030855/m elihat-kampung-lawas-maspati-surabaya , diakses pada 20 Juni pukul 13.45

Kurniawan, Aris. 2021. "Pengertian Tipografi dan Menurut Para Ahli",

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian- tipografi/ , diakses pada 22 Juni pukul 19.46 Johnson, Jamahl. 2020. "Visual identity: everything you need to know about this essential aspect of branding", https://99designs.com/blog/logo- branding/visual-identity/ , diakses pada 22 Juni pukul 19.49

Apri. 2021. "Yakin Sudah tahu Typeface dan Font? Serupa atau Beda", https://www.apridesain.id/blog/beda-typeface- dan-font/ , diakses pada 22 Juni pukul 19.53

Prihastomo, Bondan. 2016. "Desain Kawasan Binaan : Landmark, Vista, dan Focal Point", https://bondanprihastomo.wordpress.com/sepu tar-arsitektur-interior/landmark-vista-dan- focal-point/ , diakses pada 22 Juni pukul 20.00