Komik Strip sebagai Strategi Kreatif Kampanye Penerapan Pola Makan 3j pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Buleleng
Main Article Content
Abstract
Diabetes Melitus Tipe 2 adalah adalah suatu penyakit gangguan metabolik menahun yang ditandai oleh kenaikan kadar gula darah akibat penurunan produksi insulin. Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia meningkat terutama diakibatkan oleh perkembangan pola makan yang salah. Peningkatan jumlah penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam di RSUD Buleleng disebutkan bahwa pada tahun 2019 total dari 1.631 kunjungan dengan 85% adalah penderita Diabetes Melitus tipe 2 yaitu sebanyak 1.387 kunjungan (Rekam Medik RSUD Buleleng, 2019). yang mana salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman atau edukasi yang benar agar masyarakat mengerti dan memahami bagaimana penerapan pola makan 3J yaitu jadwal, jumlah dan jenis makanan, sehingga terhindar dari komplikasi. Penulis memperoleh data melalui metode observasi di RSUD Buleleng dan melakukan wawancara secara online dengan salah satu petugas kesehatan mengenai penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 dan cara pencegahannya melalui pola makan 3J. Untuk itu diperlukan pemahaman atau edukasi yang benar agar masyarakat mengerti dan memahami bagaimana penerapan pola makan 3J bagi penderita diabetes melitus tipe 2. Diperlukan media kampanye melalui Desain Komunikasi Visual dengan konsep “Fun and Education“ untuk dapat menarik perhatian dan membujuk penderita sehingga melaksanakan penerapan pola makan 3J bagi penderita diabetes melitus tipe 2 sehingga terhindar dari komplikasi.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Dwiastuti, Rini. 2012. Ilmu Prilaku Konsumen. Penerbit Universitas Brawijaya Press.
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : CV Andi Offset (Penerbit Andi).
Rustan, Surianto. 2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Sarwono, Jonathan dan Lubis, Harry. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : C.V Andi Offset (Penerbit Andi).
Subagyo, P. Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori & Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : CV Alfabeta (Penerbit Alfabeta).