PENULISAN NASKAH SKENARIO FILM PENDEK “BUKAN KUPU – KUPU MALAM” DI MAHATMA PICTURES

Authors

  • I Putu Sathyana Rayana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Kadek Dwiyani Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Kadek Puriartha Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Magang, film pendek, naskah skenario, Bukan Kupu – Kupu Malam

Abstract

Penulis memilih mayor penulis naskah dan melaksanakan kegiatan magang di Mahatma Pictures dengan luaran karya film pendek berjudul “Bukan Kupu – Kupu Malam”. Film ini bercerita tentang seorang wanita yang dianggap tidak baik hanya karena pekerjaannya, ia berusaha mendapatkan keadilannya sendiri setelah mengalami pelecehan seksual.

Penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dalam proses pengumpulan data untuk pengembangan ide cerita film. Pada tahap observasi dan dokumentasi, penulis melaksanakan pengamatan di tempat yang dapat dijadikan sebagai refrensi setting lokasi film dan keadaan masyarakat mengenai isu pelecehan dan kekerasan seksual pada perempuan di dunia maya. Penulis juga melaksanakan sebuah wawancara dengan salah satu korban pelecehan seksual di kota Denpasar.

Selama proses magang dan produksi film pendek “Bukan Kupu – Kupu Malam”, penulis mendapatkan kesempatan dalam mengasah kemampuan menulis naskah skenario film. Dari riset dan pengembangan ide cerita yang menggunakan Triangle System (sistem kerjasama dengan produser dan sutradara), penulis pun mendapatkan pengalaman yang baik dalam menyelesaikan beberapa masalah terkait penulisan naskah dan proses produksi film seutuhnya. Secara keseluruhan, proses magang berjalan dengan baik dan kondusif.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Rayana, I. P. S., Dwiyani, N. K., & Puriartha, I. K. (2022). PENULISAN NASKAH SKENARIO FILM PENDEK “BUKAN KUPU – KUPU MALAM” DI MAHATMA PICTURES. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 2(1), 21–26. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/1467

Most read articles by the same author(s)