MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PEMILU SEHAT” DALAM PENERAPAN ASAS LUBER JURDIL PADA STASIUN TELEVISI INEWS BALI

Authors

  • Fadila Sita Setiawati Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Kadek Dwiyani Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ida Bagus Hari Kayana Putra Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Iklan Layanan Masyarakat, Produser, Pemilu, Luber Jurdil6

Abstract

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bermanfaat untuk
menggerakkan solidaritas masyarakat ketika mengahadapi suatu masalah
sosial. Iklan tersebut menyajikan pesan-pesan sosial yang dimaksudkan
untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah
masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam
keserasian dan kehidupan umum (Kasali, 2006). Iklan layanan Masyarakat
merupakan bagian dari kampanye sosial marketing yang bertujuan
menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan Masyarakat
(Madjadikara, 2004). Pemilu atau singkatan dari Pemilihan Umum adalah
proses demokratis untuk memilih wakil rakyat atau pejabat pemerintahan
secara langsung oleh warga negara suatu negara. Pemilihan Umum
merupakan mekanisme penting dalam sistem demokrasi modern yang
memungkinkan rakyat untuk berpartisipasi dalam menentukan pemimpin
dan kebijakan negara.
Asas pemilihan umum (Pemilu) yang dikenal sebagai Luber Jurdil
(Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur Adil) menjadi dasar pelaksanaan
Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, asas memiliki makna dasar dalam berpikir dan berpendapat,
dasar cita-cita organisasi, serta hukum dasar.
iNews Bali ini merupakan stasiun televisi lokal swasta yang ada di Bali.
iNews Bali ini mengusung tema inspiring and informative dengan
beberapa program andalannya yaitu berita dan hiburan.Produser adalah
seseorang yang bertanggung jawab mengelola dan mengawal proses
pembuatan film dari awal sampai film itu selesai, Produser terlibat di
semua proses pembuatan Iklan, mulai dari pengembangan, pencarian
dana, praproduksi, produksi, pascaproduksi, hingga Iklan tersebut
didistribusikan dan bertemu dengan penontonnya.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Setiawati, F. S., Dwiyani, N. K., & Putra, I. B. H. K. (2024). MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PEMILU SEHAT” DALAM PENERAPAN ASAS LUBER JURDIL PADA STASIUN TELEVISI INEWS BALI . CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 4(1), 53–61. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/4376