Music Composition “Ngulat-Gedig” | Komposisi Karawitan “Ngulet-Gedig”

Penulis

  • I Made Budiartana ISI Denasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.1173

Kata Kunci:

Karawitan, Gamelan, Semarandana, Ngulat Gedig, Bali

Abstrak

Ngulat-Gedig merupakan karya seni karawitan baru yang bermakna jalinan nada saling-silang dan saling melengkapi untuk mendapatkan disain yang kuat dan indah. Komposisi karawitan baru ini tercipta atas inspirasi proses menganyam kerajinan bambu, dimana untuk mendapatkan desain yang kuat, utuh, dan indah pada setiap helai bambu itu dianyam saling-silang dan saling melengkapi, terkadang beriringan harmoni namun juga terkadang kontras untuk mendapatkan disain yang indah dan kuat. Fenomena proses penganyaman bambu ini ditransformasi ke dalam jalinan nada-nada indah menjadi sebuah komposisi karawitan baru yang indah, kuat dengan identitas yang khas. Ide pokok karya ini dituangkan dalam karawitan inovatif dengan menggunakan Gamelan Semarandana.  Komposisi Karawitan “Ngulat-Gedig”, ini diwujudkan melalui metode kualitatif melalui proses observasi, wawancara, dan studi pustaka, kemudian dalam penuangan idenya dilakukan melalui tahapan eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiana, K. A. N. K. S. (2021). Introduction to “Achromatic” Karawitan Artwork | Pengantar Karya Seni Karawitan “Achromatic.” Ghurnita, 1(2), 108–116. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/214

Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Badan Penerbit STIKOM Bali.

Hawkins, A. M. (2003). Creating Through Dance (Mencipta Lewat Tari terjemahan Y. Sumandiyo Hadi). In Manthili Yogyakarta.

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). TEKNIK PERMAINAN KENDANG TUNGGAL PADA GAMELAN BALI. Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/3795/

Sadguna, I. G. M. I. (2010). Kendang Bebarongan Dalam Karawitan Bali Sebuah Kajian Organologi. KANISIUS (Anggota IKAPI).

Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747

Saptono, Haryanto, T., & Hendro, D. (2019). Greng Sebuah Estetika Dalam Kerampakan Antara Gamelan dan Vokal. KALANGWAN Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.31091/kalangwan.v5i1.728

Sugiartha, I. G. A. (2015). Bentuk dan Konsep Estetik Musik Tradisional Bali. Panggung Seni Budaya, 25.

Yasa, I. G. J. M. Y. N. P. T. A. (2021). Tabuh Lelambatan Klakat Sudhamala: A New Creative Musical Composition | Tabuh Lelambatan Klakat Sudhamala: Sebuah Komposisi Karawitan Kreasi Baru. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(01), 37–46. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/191

Yudana, I. G., & Haryanto, T. (2021). Contemporary Music Composition “Embryo”| Komposisi Musik Kontemporer “Embrio.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(1), 1–10. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/147

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-23

Terbitan

Bagian

Articles