Musical Composition “Segehan Wong” | Komposisi Karawitan “Segehan Wong”
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.1188Kata Kunci:
Segehan Wong, Semaranda, Karawitan BaliAbstrak
Segehan Wong merupakan sebuah upakara atau sesajen yang dimana sesajen tersebut adalah sebuah simbul sebagai bentuk perlawanan umat Hindu di bali terhadap Virus Covid-19 ini di ekspresikan dalam bentuk karya musik inovatif yang di sajikan dengan gambelan bali. Di mana memiliki bagian perbagian di mana di dalam bagian pertama itu adalah kepala dari segehan yang berwarna putih yang memiliki arti agar pemikiran nagatif dapat di atasi oleh kesucian di lanjutkan ke bagian kedua yang di mana itu di dalam segehan terdapat pada badan yang berwarna brumbun memiliki arti agar semua perasaan hadir dan terpancar dari hati yang paling dalam dan juga yang meliputi kedua tangan yang di mana tangan kiri berwarna kuning yang memiliki arti kemuliaan dan tangan kanan berwarna merah memiliki arti keberanian dan pada bagian ketiga meliputi kaki dari segehan yang di mana berwarna hitam yang memiliki arti berani melangkah melewati kegelapan dunia yang sedang hadir.
Unduhan
Referensi
Adnyana, I. M. P. I. G. Y. H. S. (2019). Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 61–67. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/670
Ardiana, K. A. N. K. S. (2021). Introduction to “Achromatic” Karawitan Artwork | Pengantar Karya Seni Karawitan “Achromatic.” Ghurnita, 1(2), 108–116. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/214
Diantary, Y. A. (2021). Etika Ritual Hindu di Bali Menghadapi Masa Pandemi. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.33363/swjsa.v4i1.633
Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodelogi Penciptaan Seni. BP ISI Denpasar.
Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991
Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelang Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220
Sadguna, I. G. M. I. (2010). Kendang Bebarongan Dalam Karawitan Bali Sebuah Kajian Organologi. KANISIUS (Anggota IKAPI).
Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747
Satya, I. P. G. W. (2021). Introduction to the Contemporary Musical Composition “Life Style” | Pengantar Komposisi Musik Kontemporer “Life Style.” Ghurnita Jurnal Seni Karawitan, 1(2), 84–91. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/337
Yudana, I. G., & Haryanto, T. (2021). Contemporary Music Composition “Embryo”| Komposisi Musik Kontemporer “Embrio.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(1), 1–10. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/147