Music Bebasungan Implementation Of Pupuh Basung In The Selonding Gamelan | Karawitan Bebasungan Implementasi Pupuh Basung Dalam Gamelan Selonding
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i3.2096Kata Kunci:
Freedom, Karawitan Inovatif, Bebasungan, SelondingAbstrak
Kidung merupakan karya sastra puisi yang mempunyai makna tertentu yang digunakan dalam upacara-upacara yadnya umat Hindu di Bali. Salah satu kidung atau pupuh yang digunakan dikenal dengan Pupuh Basung. Pupuh ini merupakan kidung yang diiringi gamelan gambang pada saat upacara pitra yadnya. Karya inovatif Bebasungan bertujuan untuk menerapkan kidung basung kedalam gamelan selonding agar kedepannya tidak hanya digunakan dalam acara pitra yadnya melainkan upacara-upacara yadnya lainnya. Metode yang digunakan dalam karya ini yaitu metode Alma M. Hawkins yang terdiri dari tiga bagian yaitu tahap eksplorasi (pejajagan), tahap improvisasi (Percobaan), dan tahap forming (pembetukan). Hasil karya tersebut, menggunakan struktur pada empat bagian yang masing-masing bagian memiliki pengolahan unsur musikal yang berbeda untuk menyampaikan kesan sakral, dengan konsep yang dirancang berdasarkan ukuran panjang pendek gending pada setiap bagian sehingga memudahkan penata dalam bereksplorasi dan memiliki nilai-nilai yang estetis.
Unduhan
Referensi
Anggriani, P .M. R. 2020. Hindu Nusantara: Antara Tradisi dan Upacara. Nilacakra. Badung.
Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.
Dibia, I Wayan. 2020. NGUNDA BAYU Teknik Pengolahan Tenaga Dalam Seni Pertunjukan Bali. Denpasar : Geria Olah Kreativitas Seni (GEOKS).
-ID-penerapan-metode-penciptaan-alma-hawkins.pdf. (t.t.). Diambil 17 Oktober 2022, dari https://media.neliti.com/media/publications/90068-ID-penerapan-metode-penciptaan-alma-hawkins.pdf
Filosofi Selonding Dalam Tatwa Hindu | ISI Denpasar. (t.t.). Diambil 18 September 2022, dari https://isi-dps.ac.id/filosofi-selonding-dalam-tatwa-hindu/
I Made, K. (2004). “NGUMBANG-NGISEP” SEBUAH KAJIAN ESTETIKA AKUSTIK GAMELAN BALI. Bheri (JURNAL ILMIAH MUSIK NUSANTARA), 3(1), Art. 1.
I Wayan Dibia. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani. Perpustakaan ISI Denpasar.
I Wayan Suharta, I Nyoman Suarka, I Wayan Cika, I Ketut Setiawan. "Gamelan Selonding Sacred Function in Tenganan Pegringsingan Village." E-Journal of Cultural Studies 14, no. 1 (2021): 20–28. https://doi.org/10.24843/cs.2021.v14.i01.p03.
KARAWITAN BALI | wayanariawan. (2014, Maret 6). wayanariawan | SITUS INFORMASI TERUPDATE 2020. https://blog.isi-dps.ac.id/wayanariawan/karawitan-bali
Udayana, U. S. D. I. U. (t.t.). FILOSOFI DAN FUNGSI KIDUNG BAGI UMAT HINDU - UNUD | Universitas Udayana. Diambil 10 Januari 2023, dari https://www.unud.ac.id/in/berita99-FILOSOFI-DAN-FUNGSI-KIDUNG-BAGI-UMAT-HINDU.html
Pryanta, I. P. D., Santosa, H., & Sudirga, I. K. 2020. Permainan Kendang Bali. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Pencipaan Seni. doi: https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991
Purnayasa, I. M. R., & Santosa, H. (2022). The Tran sformation of Wargasari’s Kidung i nto Composition “Wehyang.” 2(3), 173–179. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/476
Santosa, Hendra. 2019. MERDANGGA Perubahan dan Kelanjutannya. Denpasar: Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar.
Santosa, Hendra, Dyah Kustiyanti, and Ida Ayu Wayan Arya Satyani. “Jejak Seni Pertunjukan Bali Kuna Dalam Karya Kesusastraan Usana Bali Mayantaka Carita.” Mudra Jurnal Seni Budaya 36, no. 2 (June 11, 2021): 179–85. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1247.
Yudha, I. Nyoman, Putra Widiantara, Hendra Santosa, and Kadek Suartaya. 2020. “Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros.” 8(April):1–13. doi: https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3607.