Music Creations Hyang | Tabuh Kreasi Hyang

Penulis

  • I Ketut Andre Aldi Wijaya ISI DENPASAR

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i2.2146

Kata Kunci:

Tabuh Kreasi, Hyang, Inovatif, Karawitan, Bali

Abstrak

Hyang merupakan tabuh kreasi inovatif yang terinspirasi dari parhyangan salah satu dari konsep Tri Hita Karana sebagai kearifan lokal (lokal genius) yang terdapat dalam masyarakat Bali. Karya ini dibuat dengan masih menggunakan pola-pola tradisi, dan juga melakukan pengembangan sesuai dengan unsur musikal tafsiran penata. Media ungkap yang dipergunakan dalam karya ini adalah gamelan Semaradana dengan penambahan dua tungguh pemade Gong Gede Saih Pitu. Dalam mewujudkan karya ini, dipergunakan metode penciptaan yang ditawarkan oleh Alma M. Hawkins dalam bukunya Creating Thriught Dance (1064), bahwa penataan suatu karya seni itu ditempuh melalui tiga tahapan, yaitu Exploration (eksplorasi), Improvisation (improvisasi) dan Forming (pembentukan). Buku ini diterjemahkan oleh Y. Sumandiyo Hadi ke dalam bukunya yang berjudul “Mencipta Lewat Tari”. Karya ini Menggunakan struktur Tri Angga yang terdiri dari pengawit, pengawak, pengecet. Dimana karya ini terinspirasi dari kehidupan masyarakat bali yang kesehariannya beryadnya dalam konteks hubungannya dengan tuhan. Karya ini disajikan oleh 19 orang penabuh dengan durasi keseluruhan 11 menit.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, I. M. P. I. G. Y. H. S. (2019). Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 61–67. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/670

Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Badan Penerbit STIKOM Bali.

Darya, I. W. (2019). EKSISTENSI GAMELAN GONG GEDE SAIH PITU DALAM RITUAL AGAMA HINDU DI BANJAR KEBON SINGAPADU ( PERSPEKTIF TEOLOGI HINDU ). Jurnal Penelitian Agama Hindu, volume 3.

Hendra Santosa, Saptono, I. W. S. (2022). I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali (Abdul (ed.)). Penerbit Adab.

Pradana, K. A. W., & Garwa, I. K. (2021). Samirata a Musical Art Composition Creative Percussion | Samirata: Sebuah Karya Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(03), 145–151. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/355

Sukerta, P. M. (1998). Ensiklopedi Mini Karawitan Bali. Satrataya-Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Sukerta, P. M. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik (Sebuah Alternatif). ISI Press Solo.

Sumandyo, H. (1990). Mencipta Lewat Tari. In Creating Through Dance. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Supriyadnyana, P. G. W., Mustika, P. G., & Muryana, K. (2020). Pengantar Karya Komposisi Tabuh Kreasi Pepanggulan Amande. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 6(1), 16–25.

Wirawan, I. M. (2015). Tri Hita Karana Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurut Veda. PARAMITA.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-13

Terbitan

Bagian

Articles