Learning Karawitan Art Practice in Sidakarya Village | Pembelajaran Praktek Seni Karawitan di Desa Sidakarya

Penulis

  • I Nyoman Diouf Saputra Seni Karawitan ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i4.2497

Kata Kunci:

Tabuh Gilak, Gong Gede, Ngusaba Ceremonies

Abstrak

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dilaksanakan di Desa Sidakarya, kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) semester atau sekitar 4 (empat) bulan. Kegiatan tersebut diawali dengan matur piuning di Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya bersama semua anggota KKNT. Kemudian pembentukan regenerasi Desa Sidakarya yang diikuti oleh anak-anak dari SD kelas 3 sampai kelas 1 SMP yang berjumlah 32 (tiga puluh dua) orang dari berbagai banjar yang ada di Desa Sidakarya yang dilaksanakan di Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya dengan materi yang diberikan adalah Gending Petopengan yaitu sebuah gending dasar yang mengacu kepada tabuh gilak dalam seni pertunjukan seperti topeng. Metode Pelaksanaan yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan KKNT ini terdiri dari Tahapan Pelaksanaan, Jenis Kegiatan, Pola Pelaksanaan dan Bentuk Luaran. Metode Pelaksanaan ini dilakukan melalui pengumpulan data observasi ke lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini diharapkan para penabuh mampu memainkan gamelan dengan baik dan menguasai materi yang telah diberikan sekaligus sebagai bentuk luaran untuk mempersiapkan upacara Ngusaba Nini, Ngusaba Desa, dan Nangkluk Merana di Desa Sidakarya dan penciptaan karya Tabuh Gilak sebagai hasil bentuk luaran rasa pengabdian penulis terhadap desa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, I. Made Putra; I. Gede Yudarta; Hendra Santosa. 2019. “Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung.” Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan 5(1):61–67.

Arsana, I Kadek. Mawan, I Gede dan I Wayan Diana Putra. Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Gamelan Gong Kebyar di Sanggar Batur Sari Desa Batuan Sukawati Gianyar. Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar.

Astita, I Komang, 1993, Gamelan Gong Gede: Sebuah Analisis Bentuk, Mudra, Jurnal Seni Budaya, Edisi Khusus Februari 1993. Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar: STSI Press.

Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Haryanto, Tri, and I. Gede Yudana. 2023. “Contemporary Music Composition ‘Embryo’| Komposisi Musik Kontemporer ‘Embrio.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(1):1–10. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.147.

Kantun, I Nyoman, Yadnya, I Ketut, 2003, Babad Sidakarya, PT. Upada Sastra, Denpasar

Nagara, I. Putu Purwwangsa; I. Nyoman Sudiana. 2021. “Gamelan Gender Wayang Composition ‘Sandaran Laju’ | Komposisi Gamelan Gender Wayang ‘Sandaran Laju.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 01(02):117–25. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333.

Pratama, Gede Made Rama, and Saptono -. 2023. “Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):92–99. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.149.

Pryatna, I. Putu Danika; Hendra Santosa. 2020. “Konsep Musikal Instrumen Kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 21(2):73–84. doi: 10.24821/resital.v21i2.4220.

Pryatna, I. Putu Danika, Hendra Santosa, and I. Komang Sudirga. 2020. “Permainan Kendang Bali.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 15(2):90–100. doi: 10.33153/dewaruci.v15i2.2991.

Rai S, I Wayan, 2022, Tabuh Telu Pegongan Dalam Karawitan Bali. Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, Denpasar.

Rembang, I Nyoman, 1984, Hasil Pendokumentasian Notasi Gending-Gending Lelambatan Klasik Pegongan Daerah Bali, Denpasar.

Satya, I. Putu Gede Wira. 2023. “Introduction to the Contemporary Musical Composition ‘Life Style’ | Pengantar Komposisi Musik Kontemporer ‘Life Style.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):84–91. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.337.

Sudirga, Komang., Hendra Santosa., Diyah Kustiyanti. 2015. “Jejak Karawitan Dalam Kakawin Arjuna Wiwaha: Kajian Bentuk, Fungsi, Dan Makna.” Segara Widya 3:471–81. doi: https://doi.org/10.31091/sw.v3i0.218.

Sukerta, Pande Made, 2009, Gong Kebyar Buleleng: Perubahan Dan Keberlanjutan Tradisi Gong Kebyar, Surakarta: Program Pascasarjana Bekerja Sama Dengan ISI Pres Surakarta, 2010, Tetabuhan Bali I, Penerbit: Isi Press Solo.

Sutyasa, I. Made Agus Natih, Saptono Saptono, and I. Ketut Muryana. 2023. “Karya Karawitan Inovatif ‘Ngincung.’” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik 3(1):1–14. doi: 10.30872/mebang.v3i1.53.

Yudarta, I Gede, 2017, Analisa Karawitan Komposisi Lelambatan Pagongan, Institut Seni Indonesia Denpasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Terbitan

Bagian

Articles