Empowering Human Resources Within Training and Education About Musical Art at Pemuteran Village | Memberdayakan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan dan Pendidikan Seni Karawitan di Desa Pemuteran

Penulis

  • I Kadek Bagas Suradinata Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i1.2667

Kata Kunci:

KKNT, Gong Kebyar, Lelambatan, Musik Kreasi, Tabuh Telu, Wasi Silakrama

Abstrak

Artikel ini merujuk tentang sebuah kebijakan dari pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang dilaksanakan di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Program kerja yang dilakukan yaitu pelatihan tabuh gegilakan, pengajaran teknik dasar dalam permainan Gong Kebyar, dan pelatihan kekaryaan tabuh telu lelambatan kreasi “Wási Silakrama” terhadap sekeha Gong Kebyar anak-anak Jelung Kumara Pemuteran (JKP) 3 dan 4. Khususnya kepada kelompok JKP 3 saya terapkan kekaryaan tabuh telu lelambatan kreasi “Wási Silakrama” dan juga tabuh gegilakan. Program kerja tersebut dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode yang digunakan oleh penulis seperti metode imitasi yang dikemukakan oleh M. Gabriel Tarde, meguru panggul, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, metode penciptaan yang ditulis oleh I Wayan Dibia juga saya gunakan dalam pembuatan komposisi. Metode-metode yang saya gunakan berhasil terhadap pemain yang sering hadir di program kerja saya yang sudah saya lakukan. Saya berharap pada kedua sekeha JKP 3 dan JKP 4 mampu sukses menampilkan karya-karya yang sudah diberikan pada ulang tahun Sanggar Jelung Kumara yang diadakan pada 8 juli 2023. Semoga karya ini sangat bermanfaat bagi kedua sekeha yang nantinya akan digunakan pada ajang festival, ngayah, dan lain lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Surya, I. Gede, Saptono Saptono, and I. Ketut Partha. 2022. “The Process of Music Creation Kelabu | Proses Kreasi Musik ‘Kelabu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):62–70. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.419.

Admin disbud. (2017, August 28). Kesenian Gong Kebyar. Pemerintah Kabupaten Buleleng Dinas Kebudayaan. https://disbud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kesenian-gong-kebyar-88

Administrator. (2018, March 13). SEJARAH DESA PEMUTERAN. http://pemuteran-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/44

Ardana, I. K. (2017). Metode Penciptaan Karya-Karya Baru Karawitan Bali. In Karya Cipta Seni Pertunjukan (pp. 345–363). JB Publisher. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7233

Danika Pryatna, I. P., & Santosa, H. (2021). Konsep Musikal Instrumen Kendang dalam Gamelan Gong Kebyar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sami Metodologi Penciptaan Seni. Pusat Penerbitan LPPMPP Institut Seni Indonesia Denpasar.

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1–16. http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/97

Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 222–229. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1471

Mariyana, I. N., & Desi Sentana, G. D. (2019). PENGENALAN KONSEP PANGIDER BHUANA KE DALAM PELATIHAN KARAWITAN BALI. GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 6(1), 64. https://doi.org/10.25078/gw.v6i1.866

Nagara, I. Putu Purwwangsa; I. Nyoman Sudiana. 2021. “Gamelan Gender Wayang Composition ‘Sandaran Laju’ | Komposisi Gamelan Gender Wayang ‘Sandaran Laju.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 01(02):117–25. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333.

Praditya, D., Saptono, S., & Partha, I. K. (2023). Creation Music Pepanggulan Ki Gepang | Tabuh Kreasi Pepanggulan, “Ki Gepang.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(4), 264–272. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.427

Santosa, Hendra, Saptono, and I. Wayan Sutirtha. 2022. I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali. edited by Abdul. Denpasar: Penerbit Adab.

Santosa, Hendra, Ni Made Ayu Dwi Sattvitri, and Ni Wayan Masyuni Sujayanthi. 2022. “Mutusake: Interpretasi Putusnya Ekor Cicak Dalam Sebuah Karya Musik Karawitan.” PROMUSIKA 10(2):78–86. doi: 10.24821/promusika.v10i2.7486.

Widya Supriyadnyana, P. G., Mustika, P. G., & Muryana, K. (2020). Pengantar Karya Komposisi Tabuh Kreasi Pepanggulan Amande. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 6(1), 16–25. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/1115

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-07

Terbitan

Bagian

Articles