Bhava New Musical Composition | Karya Karawitan Baru Bhava

Penulis

  • I Kadek Wahyu Bhaskara Dewangga Prodi Seni Karawitan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Ketut Muryana Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i1.3291

Kata Kunci:

Bhava, Karawitan Artwork, Balaganjur, Bebarongan

Abstrak

Bhava memiliki arti getaran spiritual, yang muncul dari rasa bakti yang tulus ikhlas masyarakat terhadap para dewata, kemudian dewata akan senantiasa memberikan berkah dan karunia. Selain memberikan karunia diyakini pula dewata akan memberikan energi spirit (taksu) terhadap pemujanya. Dramatari Wayang Wong pada umumnya diiringi dengan barungan Gamelan Gender Wayang. Namun lain halnya dengan Dramatari Wayang Wong yang berada di Desa Adat Banjar Kawan Bangli menggunakan tiga barungan Gamelan. Dari keunikan tersebut pencipta ingin mengangkat euphoria yang dihadirkan dari hasil suara ketiga instrumen tersebut yang pencipta tuangkan dalam karya karawitan Balaganjur Bebarongan berjudul Bhava. Rasa yang dimaksud pencipta dalam karya ini adalah rasa bahagia, takut dan wujud syukur yang muncul dan dimiliki oleh masyarakat pengempon Pura Dalem Purwa Banjar Kawan, Bangli karena adanya suara gemuruh, gempa, dan suara petir,namun tidak disertai dengan hujan yang terjadi saat Ida Bhatara Sakti Dalam Purwa Napak Pertiwi pertama kali seusai pembenahan Barong (meodak). Dengan melihat fenomena tersebut muncul inspirasi pencipta untuk mengangkat fenomena menjadi suatu karya dengan menggabungkan barungan gambelan balaganjur bebarongan dan instrumen kroncongan. Secara teori penciptaan karya karawitan Bhava mengacu pada proses penciptaan karya seni menurut I Wayan Dibia dalam buku Panca Sthiti Ngawi Sani pada tahun 2020 yang terdiri dari lima tahapan yaitu Ngawirasa (Inspirasi), Ngawacak (Eksplorasi), Ngarencana (Konsepsi), Ngewangun (Eksekusi), Ngebah (Produksi). Garapan Bhava ini mengangkat tema keagamaan yang disajikan oleh 17 orang pendukung karya dengan media ungkap Balaganjur Bebarongan dengan penambahan instrumen kroncongan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.A.M.Djelantik. 1999. Estetika: Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Adi Surya, I. Gede, Saptono Saptono, and I. Ketut Partha. 2022. “The Process of Music Creation Kelabu | Proses Kreasi Musik ‘Kelabu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):62–70. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.419.

Adnyana, I. Made Putra; I. Gede Yudarta; Hendra Santosa. 2019. “Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung.” Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan 5(1):61–67.

Haryanto, Tri, and I. Gede Yudana. 2023. "Contemporary Music Composition 'Embryo' | Komposisi Musik Kontemporer' Embrio.'" GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(1):1–10. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.147.

Muryana, I. ketut, & Sukarta, A. G. (2023). Music Composition Bebarongan “Cepuk” | Tabuh Petegak Bebarongan “Cepuk.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.150

Nagara, I. P. P. I. N. S. (2021). Gamelan Gender Wayang Composition “Sandaran Laju” | Komposisi Gamelan Gender Wayang “Sandaran Laju.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333

Nandayana, Kadek prema, and Saptono -. 2023. “Karawitan Composition ‘Bhuana Santhi’ | Komposisi Karawitan ‘Bhuana Santhi.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 3(1):9–17. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i1.1130.

Partha, I. K. (2023). Bebarongan’s New Creation Composition “Inguh” | Komposisi Kreasi Baru Bebarongan “Inguh.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.217

Pratama, Gede Made Rama, and Saptono -. 2023. “Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):92–99. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.149.

Pratama Yoga, Agus Ari. 2022. “New Creation Music Jaladi Merta Ayu | Tabuh Kreasi Baru Jaladi Merta Ayu.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(2):134–41. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.466.

Pryatna, I. Putu Danika; Hendra Santosa. 2020. “Konsep Musikal Instrumen Kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 21(2):73–84. doi: 10.24821/resital.v21i2.4220.

Pryatna, I. Putu Danika, Hendra Santosa, and I. Komang Sudirga. 2020. “Permainan Kendang Bali.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 15(2):90–100. doi: 10.33153/dewaruci.v15i2.2991.

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.

Rama, Rama Widana, and Wardizal -. 2023. “Music Composition Magringsing | Komposisi Tabuh ‘Magringsing.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):299–306. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.463.

Samego, Kadek, and Tri Haryanto. 2023. “Karawitan Composition Brama Rupa | Komposisi Karawitan Brama Rupa.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):281–89. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.480.

Sandiawan, I. Kadek Deo, Hendra Santosa, and Ni Putu Hartini. 2022. “Komposisi Tabuh Kreasi Sekar Taji.” Journal of Music Science, Technology, and Industry 5(2):241–55. doi: 10.31091/jomsti.v5i2.2135.

Santosa, Hendra. 2020. "Critical Analysis on Historiography of Gamelan Bebonangan In Bali." Paramita: Historical Studies Journal 30(1):98–107. doi: 10.15294/paramita.v30i1.18480.

Santosa, Hendra, Saptono, and I. Wayan Sutirtha. 2022. I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali. edited by Abdul. Denpasar: Penerbit Adab.

Santosa, Hendra, Ni Made Ayu Dwi Sattvitri, and Ni Wayan Masyuni Sujayanthi. 2022. “Mutusake: Interpretasi Putusnya Ekor Cicak Dalam Sebuah Karya Musik Karawitan.” PROMUSIKA 10(2):78–86. doi: 10.24821/promusika.v10i2.7486.

Satya, I. Putu Gede Wira. 2023. "Introduction to the Contemporary Musical Composition' Life Style' | Pengantar Komposisi Musik Kontemporer' Life Style.'” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):84–91. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.337.

Yasa, I. Ketut. 2018. “Angsel-Angsel Dalam Gong Kebyar.” Mudra Jurnal Seni Budaya 33(1):85. doi: https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.324.

Yudha, I. Nyoman, Putra Widiantara, Hendra Santosa, and Kadek Suartaya. 2020. “Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros.” 8(April):1–13. doi: 10.24821/promusika.v1i1.3607.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-07

Terbitan

Bagian

Articles