Nuraga Sanubari Musical Composition | Komposisi Karawitan Nuraga Sanubari
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i3.3393Kata Kunci:
Nuraga Sanubari, Musik Relaksasi, Suling Gambuh, KarawitanAbstrak
Nuraga Sanubari adalah komposisi seni karawitan yang memiliki latar belakang keinginan dari penulis untuk menciptakan sebuah musik relaksasi yang memanfaatkan instrumen tradisional karena saat ini, pengolahan musik relaksasi biasanya cenderung menggunakan instrumen barat, dan penulis ingin menuangkan perasaannya melalui karya musik untuk di perdengarkan dan di sebarkan kepada masyarakat umum. Media ungkap yang di gunakan sebagai berikut, suling gambuh, gumanak, kempur gambuh, gentorag, dun-dun, dan Native American Flute. Pada penciptaan karya musik ini, penata menggunakan metode dari Alma M. Hawkins pada buku Creating Through Dance (1964) yang menjelaskan penata seni itu menempuh 3 jenis tahapan yang terdiri dari Exploration (eksplorasi), Improvisation(improvisasi), dan Forming (Pembentukan). Karya musik relaksasi ini terdapat dua bagian. Bagian pertama, penulis ingin lebih menonjolkan suasana musik pelan, tenang, dan nyaman, dan bagian dua suasana music yang lebih energik. Jumlah musisi yang ada dalam karya musik relaksasi ini berjumlah 17 orang termasuk penulis, dan untuk durasi karya kurang lebih 11 menit.
Unduhan
Referensi
A.A.M.Djelantik. 1999. Estetika: Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).
Adi Surya, I. Gede, Saptono Saptono, and I. Ketut Partha. 2022. “The Process of Music Creation Kelabu | Proses Kreasi Musik ‘Kelabu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):62–70. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.419.
Anandakusuma, Sri Reshi. 1986. Kamus Bahasa Bali. Indonesia-Bali. CV. Kayu Mas Agung. Denpasar.
Bandem, I. Made. 2013. Gamelan Bali Di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: Badan Penerbit STIKOM Bali.
Daniswara, I. Putu. 2023. “Megineman Sebuah Komposisi Karawitan Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):134–42. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.335.
Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.
Hardjana, Suka. 2003. Corat-Coret Musik Kontemporer. Jakarta: Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Hawkins, Alma M. 2003. Mencipta Lewat Tari. Terj. Y. Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: Manthili.
Juniarta, I. Nyoman, I. Nyoman Sudiana, and Ni Putu Hartini. 2022. “Composition Karawitan Bali ‘Pajegan’ | Komposisi Karawitan Bali ‘Pajegan.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):25–31. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.389.
Kariasa, I. Nyoman, and I. Kadek Tunas Sanjaya. 2023. "Introduction to Contemporary Music 'Ngegong' | Pengantar Musik Kontemporer' Ngegong.'" GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(1):11–19. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.141.
Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.
Rama, Rama Widana, and Wardizal -. 2023. “Music Composition Magringsing | Komposisi Tabuh ‘Magringsing.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):299–306. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.463.
Lentowa, Jafar dkk. 2017. Semiotika Teori, Metode dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta. Deepublish.
Santosa, Hendra, Saptono, and I. Wayan Sutirtha. 2022. I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali. edited by Abdul. Denpasar: Penerbit Adab.
Santosa, H. (2005). Pengetahuan Multimedia Jilid 1.
Sugiartha, I. G. A. 2012. Kreativitas Musik Bali Garapan Baru. UPT. Penerbitan ISI Denpasar.
Sugono, D. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional.
Niswai Khoiriyah. 2017, Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien pada klinik Ellena SkinCare, Surakarta.