Pluminasi as a New Composition Method in Contemporary Music | Pluminasi Sebagai Metode Komposisi Baru Pada Karya Musik Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.391Kata Kunci:
blockade, resonator, ngorod, pluminasiAbstrak
Paradigma yang lahir dari sebuah kekeliruan dan kesalahpahaman terhadap sesuatu yang berbeda seakan menciptakan sekat yang memecah. Stigma telah menjadi sekat antara tradisi dan kontemporer yang pada esensinya berkaitan satu dengan yang lain. Diperlukan suatu perspektif berbeda untuk menemukan korelasi yang akan meluruskan “kesalahpahaman” dari dua hal yang diasumsikan berbeda dan kerap dibenturkan. Pluminasi merupakan sebuah karya musik kontemporer yang digarap berlandaskan kekayaan atau potensi serta teknik musikal gamelan tradisional Bali. Penggalian potensi musikal berupa manipulasi gelombang bunyi dengan sistem blokade resonator dan pembentukan formulasi musikal Ngorod direalisasikan menggunakan metode penciptaan oleh Alma M. Hawkins, serta metode komposisi Manipulasi yang disusun khusus untuk karya Pluminasi. Penerapan metode tersebut membuahkan hasil berupa tiga teknik pengolahan gelombang bunyi dan sebuah formulasi musikal dengan sistem kerja ngorod (menggesek). Sebagai sebuah komposisi musik kontemporer, Pluminasi digarap dengan cara menggali potensi-potensi musikkal serta teknik permainan gamelan tradisi menjadi sebuah kebaruan dimana tradisi sebagai landasan yang kuat dan bukan sebagai upaya menghancurkan tradisi.
Unduhan
Referensi
Arsa, Dewa Made Sri., I Made Widiartha., A. M. (2014). Analisa Hubungan Frekuensi Dasar Antar Bilah Gamelan Gangsa Pada Hasil Sintesis Menggunakan Metode Modified Frequency Modulations. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Universitas Udayana, 7(1), 12–15.
Diaz, E., Program, R., S2, S., & Seni, P. (2021). “Gelandangan” Karya Slamet Abdul Sjukur dalam Perspektif Estetika Keburukan sebagai Kritik terhadap Estetika Musik Konvensional. In Journal of Music Science (Vol. 4, Issue 1). https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/
Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodologi Penciptaan Seni. Pusat Penerbitan LP2MPP.
Hernawati. (2013). Mengetahui Koefisien Gesek Statik dan Kinetis Melalui Konsep Gerak Melingkar Beraturan. In Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi (Vol. 7, Issue 1). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/teknosains/article/view/73
Nagara, I. P. P., & Sudiana, I. N. (2021). Gamelan Gender Wayang Composition “Sandaran Laju” | Komposisi Gamelan Gender Wayang “Sandaran Laju” | GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan. Ghurnita: Jurnal Seni Musik Nusantara. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/333
Rustopo. (2010). Gamelan Kontemporer di Surakarta: Pembentukan dan Perkembangannya, 1970-1990. ISI Press Solo.
Sanjaya, I. K. T., & Kariasa, I. N. (2021). Introduction to Contemporary Music “Ngegong” | Pengantar Musik Kontemporer “Ngegong” | GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan. Ghurnita: Jurnal Seni Musik Nusantara. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/141
Sudirana, I. W. (2019). Tradisi Versus Moderen: Diskursus Pemahaman Istilah Tradisi dan Moderen di Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 127–135. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.647
Sudirana, I. W. (2020). Answering Questions, Questioning Answers: Understanding Tradisi and Moderen in the Intellectual Process of Balinese New Music Creations. Malaysian Journal of Music. https://ojs.upsi.edu.my/index.php/MJM/article/view/2715/2499
Sudirga, I. K. (2020a). Innovation and Change in Approaches to Balinese Gamelan Composition. Malaysian Journal of Music, 9, 42–54. https://doi.org/10.37134/mjm.vol9.4.2020
Sudirga, I. K. (2020b). Komposisi Karawitan dalam Perspektif Estetika Posmodern. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 3(2), 181–200. https://doi.org/10.31091/jomsti.v3i2.1156
Sugiartha, I. G. A. (2012). Kreativitas Musik Bali Garapan Baru Perspektif Cultural Studies. UPT. Penerbitan ISI Denpasar.
Sugiartha, I. G. A. (2015). Pergulatan Ideologi dalam Penciptaan Musik Kontemporer Bali. Panggung, 25(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.3
Sugita, I Ketut gede., I Gusti Ngurah Priambadi., I. P. L. (2013). Investigasi Kuantitatif Sifat Akustik Produk Gamelan Bali Berbahan Dasar Perunggu Silikon. Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII (SNTTM XII) Bandar Lampung, 655.
Sugita, I Ketut Gede., I. M. K. (2013). Fenomena beating pada gamelan Bali sebagai local genius akustik musik tradisional Bali.
Sugiyanto. (2016). Manipulasi: Karakteristik Eeksperimen. Buletin Psikologi, 17(2). https://doi.org/10.22146/bpsi.11486
Sumardjo, J. (2016). Filsafat Seni. ITB Press.
Supiarza, O. H. (2016). Minimax Sebagai Konsep Berkarya Slamet Abdul Sjukur Dalam Penciptaan Musik Kontemporer. In RITME Jurnal Seni dan Desain Serta Pembelajarannya (Vol. 2, Issue 2).
Tuwaidan, Y. A., Vecky CPoekoel, D., & Mamahit, D. J. (2015). Rancang Bangun Alat Ukur Desibel (dB) Meter Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(1), 37–43. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/6707