Information For Authors

Persyaratan Penulisan Artikel

  1. Artikel ditulis dalam bahasa lndonesia atau bahasa lnggris, 3.000-5.000 kata, menggunakan jenis huruf Time New Roman, ukuran kertas A4 dengan margin atas 3cm, bawah, kiri dan kanan 2cm.
  2. Artikel belum pernah dipublikasikan pada penerbitan lain dan bebas dari plagiarisme.
  3. Artikel ditulis mengikuti format template yang ditetapkan pada jurnal Hastagina.
  4. Artikel hasil Penelitian memuat: Judul, Nama Penulis, Nama Institusi, Abstrak dalam Indonesia dan Bahasa Inggris, Kata kunci 3-5 kata, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Referensi.
  5. Artikel hasil Pengabdian Kepada Masyarakat memuat: Judul, Nama Penulis, Nama Institusi, Ringkasan Eksekutif dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Kata Kunci 3-5 kata, Pendahuluan. Metode pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan terimakasih, Daftar Referensi.
  6. Artikel Gagasan Konseptual/hasil pemikiran memuat: Judul, Nama Penulis, Abstrak dalam Indonesia dan Bahasa Inggris, Kata Kunci 3-5 kata, Isi berupa uraian dan analisis atas permasalahan yang diajukan dan disajikan dalam beberapa sub, Penutup dapat berupa simpulan maupun jawaban klarifikasi atas permasalahan, dan Daftar Referensi.
  7. Artikel hasil Penciptaan Karya memuat: Judul, Nama Penulis, Abstrak dalam Indonesia dan Bahasa Inggris, Kata Kunci 3-5 kata, Pendahuluan berisi Sumber Ide, Tujuan/Sasaran, Metode Penciptaan, Konsep Penciptaan (Deskripsi Konsep Penciptaan dan Tinjauan Pustaka), Proses Penciptaan berisi uraian bahan, alat, dan teknik yang digunakan. Hasil dan Pembahasan Karya (dilengkapi dengan foto atau gambar), Simpulan, dan Daftar Referensi.
  8. Artikel dikirim dalam bentuk word secara on line, setelah penulis melakukan register dan login pada website Jurnal Hastagina,   atau dikirim ke e-mail.  [email protected]
  9. Foto pada artikel dikirimkan dengan format JPEG 200 dpi.
  10. Kemungkinan kategori penerima artikel:
  1. Langsung diterima tanpa perbaikan.
  2. Diterima dengan perbaikan oleh penulis.
  3. Diterima dengan perbaikan oleh redaksi.
  4. Ditolak karena kurang memenuhi syarat dan akan diinformasikan melalui email penulis.