Foto Fashion Sleepwear Brand BER.CIN.TA Seri ARCANE Dengan Konsep Honeymoon Vacation Sebagai Media Promosi Instagram

Penulis

  • Paulina Novida Putri Universitas Trisakti
  • Pongky Adhi Purnama Universitas Trisakti
  • Erlina Novianti Universitas Trisakti
  • Ratih Candrastuti Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v5i2.5710

Kata Kunci:

fotografi fashion, sleepwear, honeymoon vacation, media promosi

Abstrak

Penelitian dan penciptaan karya ini dilatarbelakangi terbatasnya brand lokal yang memproduksi lingerie yang digunakan sebagai sleepwear. seperti brand BER.CIN.TA. Brand ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, sehingga dibutuhkan pendekatan promosi yang lebih modern dan relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan sepuluh karya foto fashion sebagai media promosi Instagram dengan pendekatan fotografi fashion komersial dan mengusung konsep honeymoon vacation agar dapat menarik minat pasar pasangan urban kelas menengah ke atas. Metode yang digunakan adalah practice-based research, dengan melakukan riset mengenai sleepwear dan penerapan pengalaman membuat foto fashion. Dalam proses penciptaan, penulis menciptakan 10 karya foto fashion yang menggambarkan momen-momen intim dan romantis dari pasangan selama melakukan honeymoon di villa modern dengan menggunakan produk sleepwear brand BER.CIN.TA. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat meningkatkan brand awareness pada brand BER.CIN.TA. Hasil karya ini diharapkan mampu memperluas pangsa pasar brand BER.CIN.TA dan menunjukkan bahwa sleepwear lokal dapat tampil modern, intim, dan bernilai estetika tinggi melalui pendekatan visual yang kuat dan relevan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alverina, N. C. (2018). Analisis Pengaruh Trust Terhadap Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use Serta Implikasinya Terhadap Intention to Transact telaah pada Paket Perjalanan Bulan Madu Weddingku.com. Universitas Mutimedia Nusantara Tangerang.

Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Di Staffee.Ca Bouquet Sidoarjo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 6(4), 31–40. https://doi.org/10.8734/musytari.v6i4.4247

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan jumlah penjualan pada ADA souvenir project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479

Barbier, M., & Boucher, S. (2018). Lencería. Moskow: Litres.

Gumelar, F. P. (2020). Fashion Lurik dalam Teknik Mixlight. ISI Surakarta.

Hamsar, I., & Irmayanti, I. (2023). Fotografi Fashion Jilid I. Sukoharjo: Penerbit Tahta Media.

Haniah, S., Firdaus, F., & Amin, S. (2024). Cultural Transformation in Indonesian Urban Society: A Case Study of The Millennial Generation. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 4(3), 516–522. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku2593

Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2014). Fashion dan gaya hidup: identitas dan komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 25–32.

Herbenick, D., Bartelt, E., Fu, T.-C., Paul, B., Gradus, R., Bauer, J., & Jones, R. (2019). Feeling scared during sex: findings from a US probability sample of women and men ages 14 to 60. Journal of Sex & Marital Therapy, 45(5), 424–439. https://doi.org/10.1080/0092623x.2018.1549634

Istiqomah, D., & Sari, M. P. (2021). Fotografi Komersial Dalam Foto Potrait Fashion Vogue. Jurnal Desain, 9(1), 36–46. https://doi.org/10.30998/jd.v9i1.9924

Junaedi, D. (2016). Estetika: Jalinan Subjek. D Junaedi. Objek, dan Nilai, Cetakan I. Yogyakarta: ArtCiv.

KBBI. (2025a). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/bercinta

KBBI. (2025b). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/honeymoonvacation

Khasanah, I. N., Triscowati, D. W., Handoyo, A., Buana, W. P., & Kadir, K. (2020). Kombinasi Survei Kerangka Sampel Area dan Remote Sensing Untuk Estimasi Luas Tanaman Padi di Masa Pandemi (KSA-Hybrid). Jurnal Aplikasi Statistika & Komputasi Statistik, 12(2), 53–62.

Lestari, S. B. (2014). Fashion sebagai komunikasi identitas sosial di kalangan mahasiswa. Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(3), 225–238.

Lisdiantini, N., Subiyantoro, & Afandi, Y. (2019). Peranan fashion dan pakaian sebagai komunikasi identitas sosial. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran dan Kesekretariatan, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v3i1.460

Magdalena, E., Natalia, D., Pranata, A., & Wijaya, N. J. (2022). Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. Clef: Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3(2), 61–77.

Nurkhabibah, I. (2020). Nilai-Nilai Estetika dalam Novel Sekuntum Rindu untuk Ibu Karya Feryanto Hadi dan Implikasi terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa IAIN metro. IAIN Metro.

Pebriany, S. A., & Sanusi, N. (2020). Peran Kepala dan Komite Sekolah dalam Membangun Citra Positif Madrasah Diniyah. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 1(2), 92–101. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2020.1.2.563

Perdana, S. A. (2022). Memoriable Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Poppy, R., & Lestari, P. (2019). Teori Komunikasi Cetak ke-1. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Saebani, B. A. (2016). Perspektif Perubahan Sosial (pertama). Bandung: Pustaka Setia.

Sari, K. P. (2017). Strategi komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam mensosialisasikan program kapal kemanusiaan melalui media sosial. Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif.

Tratnik, P. (2021). The openness of art. The poetics of art and loss of autonomy of art. Rivista di estetica, 76, 161–180. https://doi.org/10.4000/estetica.7710

Ummah, N. H., & Falah, A. M. (2022). Pergeseran Busana One Set Dari Piyama Menjadi Busana Sehari-Hari. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 191–198. https://doi.org/10.26742/atrat.v10i2.2107

Wedaswara, A. P. (2021). Bangunan Kolonial Rumah Tinggal di Kota bogor dalam Fotografi Arsitektur dan Interior. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 18(1), 25–40. https://doi.org/10.25105/dim.v18i1.10600

Yanaayuri, S. A., & Agung, I. P. S. (2022). Color grading sebagai pembangun mood pada setting waktu dalam web series Rewrite. TEXTURE Art and Culture Journal, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.33153/texture.v5i1.4316

Yunia, P. (2020). Pentingnya Bulan Madu Bagi Pasangan yang Baru Menikah. Tempo. https://www.tempo.co/arsip/pentingnya-bulan-madu-bagi-pasangan-yang-baru-menikah-661091

Unduhan

Diterbitkan

28-07-2025

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.