KEGIATAN ANAK-ANAK DOWN SYNDROME SEKOLAH LUAR BIASA SINGARAJA DIMASA PANDEMI DALAM FOTOGRAFI DOKUMENTER

Penulis

  • Kadek Yoga Riska Mahendra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Saryana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Farhan Adityasmara Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/rjf.v1i2.790

Kata Kunci:

Kegiatan Anak Down Syndrome, SLB Singaraja, Fotografi Dokumenter

Abstrak

Down syndrome adalah kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah dan mengalami kelainan yang khas pada wajah penderitanya, pada data WHO memperkirakan 3000 hingga 5000 bayi yang terlahir dengan kondisi ini disetiap tahunnya, sampai saat ini di Indonesia kepedulian akan anak-anak down syndrome masih tergolong minim terutama di Bali, karena kurangnya pengetahuan mengenai anak-anak dengan kebutuhan khusus down syndrome ini sehingga banyak orang yang masih mengucilkan anak-anak down syndrome ini. Tujuan pencipta menggunakan down syndrome sebagai objek penelitian untuk mengubah stigma orang-orang yang menganggap down syndrome kecil dan untuk memvisualisasikan “ Kegiatan  Anak-anak Down Syndrome SLB Singaraja Dalam Fotografi Dokumenter “ sehingga mendapat beberapa manfaat yaitu untuk pencipta, dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di perkuliahan, bagi Lembaga dapat memberikan refrensi, dan menambah wawasan terhadap setiap individu, bagi Masyarakat dapat memberikan informasi mengenai kegiatan anak-anak down syndrome.

Dalam proses penciptaan karya fotografi pencipta menggunakan beberapa metode antara lain metode observasi, studi pustaka, dan metode wawancara, setelah melakukan metode yang digunakan sebagai bahan penciptaan karya fotografi pencipta menggunakan teori EDFAT dan estetika setelah menggunakan beberapa metode dan teori pada proses penciptaan pencipta mendapat kesimpulan dan hasil dari 15 karya foto documenter, mengenai kegiatan anak-anak down syndrome Sekolah SLB Singaraja antara lain sedang melipat baju, kegiatan anak yang sedang belajar,  kegiatan bermain dan kegiatan lainnya.

Kata Kunci : Kegiatan Anak Down Syndrome, SLB Singaraja, Fotografi Dokumenter

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Cara Mengutip

[1]
K. Y. R. Mahendra, I. M. Saryana, dan F. Adityasmara, “KEGIATAN ANAK-ANAK DOWN SYNDROME SEKOLAH LUAR BIASA SINGARAJA DIMASA PANDEMI DALAM FOTOGRAFI DOKUMENTER”, Retina J. Fot., vol. 1, no. 2, hlm. 102–115, Sep 2021.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.