Visualisasi Proses Pembuatan Mobil Mercedez-Benz 300SL Gullwing di Tuksedo Studio Dalam Fotografi Dokumenter

Penulis

  • I Kadek Budi Antara Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Wayan Mudana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Saryana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/rjf.v2i1.1239

Kata Kunci:

Mobil Klasik, Mercedez Bens 300SL Gullwing, Fotografi Dokumenter, Tuksedo Studio

Abstrak

Proses pembuatan mobil klasik tentunya merupakan suatu kegiatan yang jarang dijumpai oleh masyarakat umum dan sangat menarik untuk di dokumentasikan baik itu untuk kepentingan perusahaan maupun di publikasikan untuk kalangan masyarakat umum. Proses pembuatan mobil yang dibuat secara manual sehingga memakan waktu yang cukup panjang serta dan serta melalui tahapan-tahapan yang cukup menarik, sehingga perlu di abadikan secara lebih detail. Untuk memvisualisasikan proses pembuatan mobil Mercedes Benz 300 SL Gullwing dalam fotografi dokumenter di Tuksedo Studio menjadi karya yang unik dan meraik. Pembuatan Mobil Mercedes Benz 300 SL Gullwing di Tuksedo Studio menjadi wadah dan referensi untuk menuangkan ide dalam membuat foto dokumenter.

Dalam mencipta karya fotografi dokumenter ini menerapkan metode EDFAT. Tujuan penerapan EDFAT ialah menggambarkan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pemotretan guna mendapatkan foto-foto yang komprehensif, variatif, baik dari sisi fotografis maupun dari segi pemaparan kejadian atau peristiwa. Juga dengan melalui beberapa tahapan proses kreatif yaitu eksplorasi, eksperimentasi, dan perwujudan.

Metode dan tahapan tersebut di lalui guna mendapatkan karya visual yang sesuai dengan keinginan, tahapan proses penciptaan yang telah dilalui, pada akhirnya dapat memberikan penyampaian  bagaimana cara memvisualkan proses pembuatan mobil Mercedes Benz 300SL Gullwing dalam fotografi dokumenter.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

[1]
I. K. B. Antara, I. W. Mudana, dan I. M. Saryana, “Visualisasi Proses Pembuatan Mobil Mercedez-Benz 300SL Gullwing di Tuksedo Studio Dalam Fotografi Dokumenter”, Retina J. Fot., vol. 2, no. 1, hlm. 34–46, Mar 2022.

Terbitan

Bagian

Articles