FOTOGRAFI STILL LIFE MINIATUR MOBIL EROPA SEBAGAI MEDIA PROMOSI TUKSEDO STUDIO

Penulis

  • I Made Ananda Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Ketut Sida Arsa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Amoga Lelo Octaviano Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v3i2.1235

Kata Kunci:

fotografi, miniatur, still life, tuksedo studio

Abstrak

Era digitalisasi menjadi salah satu faktor yang membuka pintu pasar global. Digitalisasi memudahkan produsen lokal mengiklankan produknya dengan bebas melalui media sosial, yakni dengan Fotografi Still Life. Pelaksanaan magang di Tuksedo Studio dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan fotografi, serta memahami kondisi dunia industri secara langsung. Dengan masalah yang dikaji mengenai penggunaan Fotografi Still Life dalam miniatur mobil Eropa di Tuksedo Studio sebagai media promosi, termasuk proses dan bagaimana dampaknya. Penulisan ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selama mengikuti program magang / praktik kerja MBKM ini penulis mendapatkan ilmu lebih banyak di Tuksedo Studio dibandingkan di perguruan tinggi karena dalam kegiatan belajar perguruan tinggi lebih terbatas sedangkan magang di Tuksedo Studio mendapatkan pengalaman menggunakan kamera Blackmagic Pocket Cinema Camera 4K, Lensa Tokina 12- 28mm f/4 AT-X Pro , Sigma 18-35mm F1.8 DC HSM Lens APS-C For Canon , Zhiyun CRANE 3 Lab Handheld Stabilizer. Menggunakan perangkat lunak untuk menunjang proses editing seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, Davinci Resolve, Adobe Indesign, Adobe Premiere Pro. Ilmu yang didapatkan selama di perguruan tinggi seperti Teknik Foto Still Life, Teknik Fotografi Dasar, Penggunaan Lensa dan efek dari masing-masing lensa, bermanfaat dalam pelaksanaan magang. Jadi antara teori dan praktik yang didapat di perguruan tinggi, sudah sesuai dan berguna di tempat magang di Tuksedo Studio.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Christian, R. A. (2020), INDO SAPARELLA DALAM FOTOGRAFI STILL LIFE (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).

Exceel Lauriie (2012), Komposisi dari Foto Biasa jadi Luar Biasa, Elex Media Komputindo.

Paulus, Ediison dan Lestari, Indah. (2012). Buku Saku Fotografi: STILL LIFE. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Safira Auliia (2014), Fantasi Miniatur dengan Teknik Low High Key dan Low Key dalam Fotografi Seni, Jurusan Fotografi, Politenik Negeri Media Kreatif, Jakarta.

https://www.cnnindonesia.com/teknolo gi/20210928143451-384- 700500/tuksedo-studio-restorasi-mobil- klasik-di-bali

Diakses pada tanggal 25 Desember 2021, pukul 20.00 WITA

https://titikfokuskamera.com/forced- perspective-photography/

Diakses Pada 13 Januari 2022, pukul 19.00 WITA

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-28

Cara Mengutip

Ananda, I. M., Arsa, I. K. S., & Octaviano, A. L. (2023). FOTOGRAFI STILL LIFE MINIATUR MOBIL EROPA SEBAGAI MEDIA PROMOSI TUKSEDO STUDIO. Retina Jurnal Fotografi, 3(2), 214–223. https://doi.org/10.59997/rjf.v3i2.1235

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>