Pemanfaatan Foto Produk Fashion Sebagai Penunjang Marketing Sosial Media Di Voordurend Love

Penulis

  • I Gusti Ade Dinda Pramesti Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Amoga Lelo Octaviano Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3114

Kata Kunci:

fotografi, fashion, sosial media, e-commerce

Abstrak

Fotografi awalnya hanya sebagai alat untuk merekam gambar dan video dari berbagai objek dan peristiwa sesuai dengan kenyataannya. Seiring teknologi yang semakin berkembang, alat fotografi semakin beragam, memengaruhi pemahaman estetika dalam teknis pemotretan. Pemanfaatan fotografi dapat dijumpai dalam hal jurnalistik, documenter, seni hingga yang sifatnya khusus seperti dalam pemasaran suatu produk. Dunia bisnis yang semakin kompetitif menuntut setiap brand memproduksi barang yang memiliki ciri khas tersendiri untuk kemudian didukung oleh pemanfaatan fotografi yang dirancang pemotretannya sehingga sesuai dengan tema atau ciri khas brand tersebut. Dengan demikian, karya foto yang dihasilkan tidak saja bernilai artistik namun juga persuatif. Voordurend Love, brand fashion di Bali, memanfaatkan foto produk fashion berkualitas tinggi, yang memiliki peran penting dalam memperkuat citra brand, menarik konsumen, dan meningkatkan penjualan dan juga memanfaatkan media sosial dan e-commerce  sebagai bagian dari strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah memahami berbagai produk fashion yang diproduksi oleh Voordurend Love, meningkatkan pengalaman dalam memahami proses-proses dalam projek foto produk fashion, serta memahami strategi pengelolaan media sosial oleh Voordurend Love.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdi, Yuyung. 2012. c. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Bastomi, Sawaji. 1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press.

Bilyarta Mangunwijaya, Yusuf. 1983. Teknologi dan Dampak Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Dentoni, D., & Reardon, T. 2009. Can SMEs Build Global Brands with Place-Of Origin Information? The Role Social Networks.

Edi S. Mulyanta. 2007. Teknik Modern Fotografi Digital, Yogyakarta: ANDI

Liniaryadi, Rengky. 2014. Perancangan Fotografi Fashion Sebagai Media Promosi Produk Cozmeed”. Skripsi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

M. Prawiro. 2020. Pengertian Metode adalah: Memahami Apa Itu Metode.

Mestika Zed. 2017. Metodologi Penelitian Kesehatan: Jakarta PT. Renika Cipta.

Putri, E. 2013. Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. Skripsi: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sunaryo, A. 2002. Nirmana I. Semarang: Unnes.

Supriyanto, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual –¬¬¬¬¬¬¬ Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tuten, Tracy L and Solomon, Michael R. 2017. Social Media Marketing. California: SAGE Publication, Inc.

Widia Pekerti. 2008. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: UT.

Giantoro, R. P., Raharjo, A., & Pramana, I. M. B. (2022). VISUALISASI BURUH BANGUNAN DALAM KARYA FOTOGRAFI EKSPRESI. Retina Jurnal Fotografi, 2(1). https://doi.org/10.59997/rjf.v2i1.1293

Lisawati, Naomi. Sakre, T. (2022). Analisis Karya Fotografi Digital Imaging. Jurnal Pendidikan Dan Seni Budaya, 3.

Pustaka laman :

Yusuf Abdhul. 20 September 2022, 16.05 WITA, “Metode Observasi: Pengertian, Macam dan Contoh”, URL: https://deepublishstore.com/blog/metode-observasi/

Addina Zulfa Fa'izah. 12 Agustus 2021, 10.00 WITA, “Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat Beserta Jenisnya”, URL: https://www.merdeka.com/trending/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli- ketahui-manfaat-beserta-jenisnya-kln.html

Deepublish Store. 26 Desember 2022, 10.02 WITA, “10 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli”, URL: https://deepublishstore.com/blog/pengertian-keterampilan/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-27

Cara Mengutip

Pramesti, I. G. A. D. ., Pramana, I. M. B., & Octaviano, A. L. (2024). Pemanfaatan Foto Produk Fashion Sebagai Penunjang Marketing Sosial Media Di Voordurend Love. Retina Jurnal Fotografi, 4(1), 9–21. https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3114

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>