Terbitan Terkini

Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022
					Lihat Vol 2 No 1 (2022): Maret 2022

Volume ini terdiri atas 12 artikel dengan 22 penulis.
Topik publikasi fokus pada bidang Fotografi, dengan ruang lingkup artikel meliputi: foto dokumenter, foto essay, foto studio, foto story, foto ekspresi, food photography, dan foto komersial.

Semua artikel dalam terbitan kali ini merupakan edisi perdana Diseminasi pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
MBKM, yang merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Melalui program MBKM ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata dan/atau dunia kerja. Hal ini sejalan dengan keyakinan bahwa pembelajaran dapat terjadi di manapun - semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga bisa di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat.
Bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat diambil oleh mahasiswa berupa: kegiatan magang di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), mahasiswa membangun desa, mengajar di sekolah, pertukaran mahasiswa, penelitian di lembaga riset, pengembangan kewirausahaan, proyek independen, dan proyek kemanusiaan.

Semua konten dalam Retina Jurnal Fotografi (RJF), berlisensi :
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Diterbitkan: 2022-03-30

Articles

Lihat semua terbitan

IDENTITAS JURNAL

Nama Jurnal : Retina Jurnal Fotografi
Inisial : RJF
Singkatan : Retina J. Fot.
ISSN : 2798-4729 (media online)
Frekuensi : Terbit 2 kali dalam 1 tahun, Maret dan September
Penerbit : UPT Pusat Penerbitan LP2MPP, Institut Seni Indonesia Denpasar
Pengelola : Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
Editor in chief : I Made Bayu Pramana