Flat Lay Wedding Details Dalam Fotografi Pernikahan Di IMAJ Gallery

Penulis

  • I Gusti Wahyu Ekayana Putra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Cokorda Istri Puspawati Nindhia Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Anis Raharjo Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3525

Kata Kunci:

fotografi, fotografi pernikahan, flat lay

Abstrak

Fotografi berperan penting sebagai media dokumentasi karena mampu merekam momen spesial dalam bentuk gambar. Fotografi pernikahan merupakan salah satu genre dalam dunia fotografi yang menfokuskan pada dokumentasi momen berharga selama perayaan pernikahan. Perkembangan fotografi pernikahan saat ini tidak hanya terbatas pada subjek manusia, melainkan juga melibatkan elemen lain seperti arsitektur dan detail pernikahan. Salah satu inovasi terkini dalam fotografi pernikahan adalah penggunaan teknik fotografi Flat Lay dalam pemotretan detail pernikahan, di mana objek diletakkan pada permukaan datar dan foto diambil dengan sudut pandang mata burung. Tujuan penulis dalam memilih magang/kerja praktik yang dilaksanakan di IMAJ Gallery adalah memahami dan mengoptimalkan penerapan teknik Flat Lay dalam dokumentasi fotografi pernikahan, serta menghasilkan karya optimal sesuai dengan konsep yang diinginkan klien, sambil tetap menyesuaikan dengan karakteristik perusahaan. Proses ini melibatkan metode penelitian yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan demikian, Hasil yang telah diperoleh selama mengikuti magang/kerja praktik menunjukkan bahwa penerapan teknik Flat Lay di IMAJ Gallery memberikan dampak signifikan pada dokumentasi pernikahan dalam era saat ini. Program magang/praktik kerja ini memberikan pengalaman baru dalam memahami teknik fotografi inovatif yang digunakan dalam fotografi pernikahan. Hasil dari tugas akhir ini mencakup karya fotografi dan tulisan. Dalam karya fotografi ini, penulis menampilkan 15 karya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alkhudlery, A. (2021). LKP: Perancangan Foto Dokumentasi dalam Event Wedding dan Prewedding untuk Keperluan Instagram di Inframe Photovideo (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Fiandra, Y. (2020). Teknik fotografi Flat Lay sebagai bentuk strategi marketing online Instagram. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 2(1), 1-7.

Setyawan, W. A. (2010). Media fotografi sebagai sarana promosi busana Jepang kimono di studio Mammoth Photography.

Sugiyono, Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2013.

WAHYUNING, H. (2014). Perbandingan Foto Candid dan Foto Formal dalam Dokumentasi Pernikahan (Study analisa isi foto dokumentasi “EDFAT” di pernikahan pada studio Rumah Kuning, tanggal 2 Maret 2013–22 Juni 2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Yosse, S., Minawati, R., & Harisman, H. (2017). Makna Dokumentasi Foto Pernikahan Bagi Pengantin di Kota Padang. Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 2(2).

Wawancara

Mulyajaya, I Gusti Agung (56th), pemilik IMAJ Gallery, wawancara tanggal 25 April 2023 di IMAJ Gallery, Denpasar Utara, Bali.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-27

Cara Mengutip

Putra, I. G. W. E. ., Nindhia, C. I. P., & Raharjo, A. (2024). Flat Lay Wedding Details Dalam Fotografi Pernikahan Di IMAJ Gallery. Retina Jurnal Fotografi, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3525

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>