PEMBUATAN GENTENG DI DESA PEJATEN DALAM FOTOGRAFI DOKUMENTER

Penulis

  • Ni Putu Lita Nariani Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Anis Raharjo Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ida Bagus Candrayana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/rjf.v1i2.788

Kata Kunci:

Pembuatan Genteng, Desa Pejaten, Fotografi Dokumenter

Abstrak

Pencipta tertarik mengangkat tema tentang Pembuatan Genteng di Desa Pejaten Dalam Fotografi Dokumenter karena adanya genteng modern dari luar Bali yang bisa menjadi ancaman dari keberadaan genteng pejaten. Desa Pejaten sudah terkenal dengan pembuatan gentengnya dari dahulu hingga sekarang. Genteng pejaten memiliki ciri khas yaitu pada produk gentengnya terdapat nama “Pejaten” yang dibuat dengan teknik cetak langsung dari cetakan genteng yang dibuat dengan alat press. Tujuan penciptaan ini adalah mendokumentasikan pembuatan genteng pejaten dalam fotografi dokumenter.

Pada proses penciptaan karya fotografi ini pencipta menggunakan metode penciptaan yaitu observasi langsung dengan cara mendatangi pengrajin genteng yang berada di Desa Pejaten dan melakukan wawancara untuk mengetahui bagaimana pembuatan genteng yang berada di Desa Pejaten dan pencipta juga mengamati kondisi dan situasi dari objek yang akan di foto dan pencipta menerapkan beberapa teknik fotografi kedalam karya fotonya seperti, stop action, framing, sudut pandang dan pencahyaan.

Hasil penciptaan ini adalah fotografi dokumenter yang berisi tentang pembuatan genteng mulai dari pemilihan bahan, pencampuran bahan, pencetakan , penjemuran dan terakhir Keberadaan pembuatan genteng di Desa Pejaten sangat penting bagi masyarakat disana karena mayoritas masyarakat disana bekerja sebagai pengrajin genteng dan memperoleh upah/gaji dari berjualan genteng. Melalui fotografi dokumenter diharapkan mampu mendokumentasikan pembuatan genteng yang ada di Desa Pejaten agar tetap dilestarikan dan dijaga keberadaan pembuatan genteng yang berada di Desa Pejaten berupa fotografi dokumenter.

Kata Kunci: Pembuatan Genteng, Desa Pejaten, Fotografi Dokumenter

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Cara Mengutip

[1]
N. P. L. Nariani, A. Raharjo, dan I. B. Candrayana, “PEMBUATAN GENTENG DI DESA PEJATEN DALAM FOTOGRAFI DOKUMENTER”, Retina J. Fot., vol. 1, no. 2, hlm. 80–87, Sep 2021.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.