VISUALISASI BURUH BANGUNAN DALAM KARYA FOTOGRAFI EKSPRESI

Penulis

  • Rahmat Putra Giantoro Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Anis Raharjo Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v2i1.1293

Kata Kunci:

Visualisasi, Buruh Bangunan, Fotografi Ekspresi

Abstrak

studi/proyek independen yang berjudul visualisasi buruh bangunan dalam karya fotografi ekspresi. Penulis menyadari bahwa stigma  buruh bangunan masih sangat melekat dimasyarakat, hal tersebut membuat penulis ingin mengangkat buruh bangunan sebagai visualisasi buruh bangunan dalam fotografi ekspresi. Penciptaan karya tersebut bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap fotografi ekspresi. Hal tersebut bermanfaat untuk mengembangkan kreatifitas serta ketrampilan dalam penyajian karya fotografi ekspresi.

fotografi ekspresi adalah sebuah karya fotografi yang terkonsep dengan objek yang terpilih serta yang diproses dan dihadirkan bagi kepentingan si pemotretnya dengan luapan ekspresi artistik dirinya, maka karya tersebut bisa menjadi sebuah karya fotografi ekspresi. Dalam hal ini karya fotografi tersebut dimaknai sebagai suatu medium ekspresi yang menampilkan jati diri si pemotretnya dalam proses penciptaan karya fotografi seni. Karya fotografi yang diciptakannya lebih merupakan karya seni murni fotografi (fine art photography) karena bentuk penampilannya yang menitik beratkan pada nilai ekspresif-estetis seni itu sendiri. (Soedjono,2006)

Dalam melakukan penciptaan karya fotografi tersebut penulis ingin mengubah pandangan masyarakat tentang buruh bangunan dan juga mengubah stigma yang ada di masyarakat, sehingga buruh bangunan bisa lebih dihargai dan diapresiasi dalam bentuk apapun. Kenapa penulis memilih fotografi ekspresi dengan menggunakan teknik kolase, dikarenakan penulis ingin bereksperimen dalam bentuk dan objek- objek lain serta penulis juga ingin mengembangkan diri sebagai pengiat seni dalam bidang fotografi dengan tujuan mencari jati diri. Penulis menginginkan karya yang dibuat ini kedepannya dapat digunakan untuk menjadi ajaran serta dapat menginspirasi masyarakat dalam penciptaan karya fotografi ekspresi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Giantoro, R. P., Raharjo, A., & Pramana, I. M. B. (2022). VISUALISASI BURUH BANGUNAN DALAM KARYA FOTOGRAFI EKSPRESI. Retina Jurnal Fotografi, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.59997/rjf.v2i1.1293

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>