VISUALISASI DEWI PERTIWI DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI

Penulis

  • Kadek Indra Dwi Saputra Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Anis Raharjo Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Agus Bratayadnya Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Visualisasi, Dewi Pertiwi, Fotografi Ekspresi

Abstrak

Masalah lingkungan dapat berakibat pada rusaknya alam yang berharga seperti hutan, sungai, pantai dan lain-lain, selain itu masalah lingkungan juga dapat merusak keragaman hayati yang sangat penting untuk manusia. Ibu Pertiwi sebagai simbol dari alam yang subur dalam menghidupi makhluk hidup di dalamnya. Untuk menyampaikan makna yang terkandung dalam karya visualisasi Dewi Pertiwi, pencipta menyampaikan makna yang terkandung yang ada di dalam karya Dewi Pertiwi dalam fotografi ekspresi, agar dapat dipahami oleh khalayak umum. Dalam penciptaan karya ini pencipta menggunakan teknik digital imaging.

Pencipta menggunakan metode eksplorasi dan metode observasi. Dalam menerjemahkan Visualisasi Dewi Pertiwi kedalam karya visual, pencipta menggunakan teori semiotika yang tidak hanya mengkaji pada tingkatan denotatif hingga tingkatan konotatif, selain itu untuk membangun nilai estetika dalam karya ini pencipta menggunakan teori estetika fotografi. Dalam penyusunan karya tersebut juga memperhatikan unsur-unsur visualnya. Unsur-unsur visual dalam karya ini lebih banyak memperlihatkan kerusakaan alam dari 4 unsur elemen yang ada dalam  Panca Maha Butha yaitu, api, tanah, air, udara, disertai dengan warna,tekstur dan garis yang disetting oleh pencipta kedalam pengolahan gambar. Selain unsur tersebut karya ini juga mengutamakan komposisi, keseimbangan, kerumitan agar mencapai sebuah kesatuan dalam mewujudkan Visualisasi Dewi Pertiwi Dalam Fotografi Ekspresi ini.

Adapun pesan yang disampaikan dalam karya ini, agar suatu saat karya fotografi dapat digunakan sebagai cerminan terhadap apa yang terjadi pada alam saat ini, diantaranya segabai bentuk penyadaran, pengingat dan pentingnya menjaga alam. Dalam pembuatan setiap karya pasti memiliki nilai makna dan nilai keindahan pada setiap karyanya, agar fotografi dapat diterima lebih luas oleh masyrakat.

Kata Kunci : Visualisasi, Dewi Pertiwi, Fotografi Ekspresi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Cara Mengutip

Saputra, K. I. D., Raharjo, A., & Bratayadnya, P. A. (2021). VISUALISASI DEWI PERTIWI DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI. Retina : Jurnal Fotografi, 1(2), 88–101. Diambil dari https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/retina/article/view/789

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.