IMAJINASI VISUAL TAJEN DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI

Penulis

  • I Komang Adi Kusuma Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Saryana Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Agus Bratayadnya Program Studi Fotografi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Tajen, Fotografi Ekspresi, Seni, Budaya dan Adat

Abstrak

Bali merupakan satu dari sekian provinsi yang ada di Indonesia yang mempunyai beragam seni, budaya dan adat yang khas. Seni, budaya dan adat yang ada di Bali, tak lepas dari aktivitas keagamaan masyarakat Hindu di Bali. Satu diantaranya adalah sabung ayam atau sering disebut tajen. Sabung ayam ialah kebudayaan masyarakat Hindu Bali yang menghaturkan darah sebagai ritual keagamaannya, diistilahkan dengan tabuh rah.

Penulis menggunakan Fotografi Ekspresi dalam mewujudkan karya ini, karena ingin menunjukkan tajen dari sudut yang berbeda dan ingin lebih bebas mengekplorasi, mengekspresikan, mengimajinasikan, pengalaman penulis terkait dengan fenomena tajen yang ada di Bali. Melalui olah digital yang penulis kuasai dengan shoftware photoshop obyek dapat dimanipulasi, menambah atau mengurangi obyek guna mendapatkan karya yang secara tampilan visual maksimal. Untuk lebih memperkuat hal tersebut penulis memanfaatkan landasan teori estetika dan semiotika pada karya fotografi serta memaksimalkan aspek-aspek visual pada karya fotografi. Data yang dipakai pada karya ini adalah data sekunder dan data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif yang merupakan metode dengan tujuan memperhatikan lingkungan serta metode dokumentasi menggunakan rekaman kamera foto digital, dilanjutkan dengan tahap mengolah gambar menggunakan perangkat lunak pada komputer.

Tahapan observasi penciptaan karya dilaksanakan dengan melakukan pengamatan objek tentang pembuatan Fotografi Ekspresi. Pada tahap berikutnya yakni pemotretan dilaksanakan pula proses pendataan sudut pengambilan gambar/sudut kamera atas objek serta sudut cahaya pada objek, alhasil foto yang diperoleh mempunyai daya tarik dan keindahan.

Kata Kunci : Tajen, Fotografi Ekspresi, Seni, Budaya dan Adat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Cara Mengutip

Kusuma, I. K. A., Saryana, I. M., & Bratayadnya, P. A. (2021). IMAJINASI VISUAL TAJEN DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI. Retina : Jurnal Fotografi, 1(2), 125–136. Diambil dari https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/retina/article/view/792

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama