REPRESENTASI DAMPAK KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DALAM FOTOGRAFI EDITORIAL

Penulis

  • Aditya Ridwan Effendy Prodi Fotografi ISI Denpasar
  • Amoga Lelo Octaviano Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Saryana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.1142

Kata Kunci:

Representasi, Dampak Kekerasan Seksual, Perempuan, Fotografi Editorial

Abstrak

Berdasarkan CATAHU 2020 Komnas Perempuan, Jumlah kasus Kekerasan terhadap Perempuan (KtP) sepanjang tahun 2020 sebesar 299.911 kasus, pengamatan tersebut memberikan inspirasi untuk membuat dan menjadikan kekerasan seksual terhadap perempuan sebagai ide penciptaan karya dalam ranah fotografi editorial.

Dengan tujuan mengetahui bentuk dampak yang dialami perempuan korban kekerasan seksual lalu dampak tersebut direpresentasikan, penciptaannya terfokus pada representasi perempuan korban kekerasan seksual berserta dampak yang dialami korban tersebut lalu kemudian dituangkan dalam penciptaan karya fotografi editorial. Karya-karya foto yang dibuat diharapkan bisa memberikan gambaran kepada masyarakat bagaimana dampak kekerasan seksual terhadap perempuan itu.

Metode yang digunakan untuk memperoleh data ialah metode observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Data yang sudah dikumpulkan merupakan fakta yang digunakan sebagai bahan dalam penciptaan karya tugas akhir. Data tersebut terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder.

Dapat disimpulkan bentuk-bentuk dampak yang dialami perempuan korban kekerasan seksual secara umum dapat dilihat dari berbagai aspek misalnya kesehatan mental, Kesehatan fisik, perilaku, dan sosial. Dari hasil penelitian ini, dihasilkan karya berjumlah 15 foto editorial yang direpresentasikan secara simbolik dengan menerapkan metafora. Dengan menggunakan simbol-simbol secara semiotik yang menjelaskan dampak yang dialami korban. Simbol tersebut kemudian dikemas dengan kreatif agar pesan dan tujuan karya fotografi editorial yang merepresentasikan dampak kekerasan terhadap perempuan dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu di pada 3 (tiga) buah karya terakhir ditampilkan solusi dari permasalahan dampak kekerasan seksual terhadap perempuan, yaitu pertolongan dan dukungan dari orang-orang di sekitar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Effendy, A. R., Octaviano, A. L., & Saryana, I. M. (2022). REPRESENTASI DAMPAK KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DALAM FOTOGRAFI EDITORIAL. Retina Jurnal Fotografi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.1142

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>