Aktivitas Buruh Perempuan Di Pasar Badung Dalam Fotografi Dokumenter

Penulis

  • Febrian Putra Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ida Bagus Candrayana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Farhan Adityasmara Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/rjf.v2i1.1253

Kata Kunci:

Aktivitas, Buruh, Perempuan, Pasar Badung, Fotografi Dokumenter

Abstrak

Aktivitas Buruh Perempuan di Pasar Badung dalam Fotografi Dokumenter merupakan tugas akhir karya yang menampilkan aktivitas yang dilakukan buruh perempuan dan ekspresi yang terlihat dari seorang buruh perempuan mengangkat barang belanjaan orang lain yang biasanya dilakukan oleh seorang laki – laki, namun di pasar badung seorang perempuan yang mengangkat barang belanjaannya yang nantinya akan mendapat upah. Tujuan penciptaan karya ini adalah untuk memberikan gambaran visual tentang aktivitas buruh perempuan berdasarkan keunikan dan ciri khas dari masing-masing buruh perempuan.

Metode yang digunakan dalam penciptaan karya yaitu ide/gagasan, penggalian data, analisis data, dan penyajian analisis data. Dalam proses pengumpulan data ada beberapa tahapan dalam penciptaan karya yaitu observasi, eksplorasi, dan ekperimen yang dilakukandengan cara datang langsung ke pasar Badung, proses tersebut dilakukan berdasarkan langkah yang telah disusun pada metode penciptaan agar hasil yang didapat sesuai apa yang diinginkan.

Hasil dari penciptaan karya ini adalah mampu menggambarkan aktivitas yang dilakukan buruh perempuan di Pasar Badung pada setiap fotonya sehingga dapat memberikan informasi secara mendalam. Setiap foto mempresentasikan seorang ekspresi buruh perempuan yang sedang mengangkat barang belanjaan orang lain, transaksi yang dilakukan, menawarkan sebuah jasa angkut barang dan aktivitas yang dilakukan oleh buruh perempuan di pasar badung.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

[1]
F. Putra, I. B. Candrayana, dan F. Adityasmara, “Aktivitas Buruh Perempuan Di Pasar Badung Dalam Fotografi Dokumenter”, Retina J. Fot., vol. 2, no. 1, hlm. 110–122, Mar 2022.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama