DAMPAK NEGATIF SAMPAH ANORGANIK KARYA CIPTA FOTOGRAFI EKSPRESI

Penulis

  • Anis Raharjo Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Saryana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.1785

Kata Kunci:

Dampak Negatif, Sampah Anorganik, Fotografi Ekspresi

Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari sampah salah satunya sampah anorganik. Bahan anorganik sebagai produk industri semakin mendominasi kehidupan manusia. Disadari atau tidak masyarakat telah masuk kekondisi ketergantungan terhadap bahan-bahan anorganik yang sangat menghawatirkan kehidupan ini. Penggunaan sampah anorganik dapat merugikan lingkungan, apalagi digunakan secara berlebihan, karena dapat mencemari air, tanah, dan udara. Sampah anorganik memiliki keragaman jenis seperti plastik, kaca, keramik, kain dan  logam. Sampah anorganik berdampak negatif pada realitas lingkungan sehingga dapat membahayakan kelangsungan makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan.  Berdasarkan hal tersebut pencipta tertarik untuk mengangkat  tema ”Dampak Negatif Sampah Anorganik Karya Cipta Fotografi Ekspresi”. Dalam mewujudkan ide pada karya seni fotografi ekspresi tersebut melalui proses observasi, eksperimen, persiapan, pembentukan dan penyelesaian akhir. Dengan demikian melalui lima karya yang digarap, dapat merepresentasikan  dampak negatif sampah anorganik yang diungkap secara estetik dan metaforik. Hal tersebut dapat tercipta makna yang komunikatif dan mampu memberikan suguhan visual kebaharuan dengan tujuan berkontribusi pada penyadaran pelestarian lingkungan sehingga terwujud hubungan manusia yang harmoni dengan alam semesta.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Y Dewi, Menganalisis aspek hukum bahaya plastik terhadap kesehatan dan lingkungan serta solusinya. JURNAL KOSMIK HUKUM Vol.1, 2019

Soedjono, Soeprapto, Pot-Pourri Fotografi. Jakarta : Penerbit Universitas Trisakti, 2006.

Kris Budiman Judul, Semiotika visual : konsep, isu, dan problem ikonisitas; editor, M. Nasrudin. 2012

Prof. Dr. K.E.S. Manik, Judul Buku Pengelolaan Lingkungan Hidup, JAKARTA PUSAT, Kencana, Halaman : 256 Cetakan : I, 2016.

Seno Gumira, Kisah mata : fotografi antara dua subyek : perbincangan tentang Ada. Publisher: Yogyakarta : Galang Press, 2002.

Jevi Nugraha, (9 Desember 2021) adalah Penggarapan secara Tekun dan Cermat, merdeka.com. https://www.merdeka.com/jateng/-kln.html)

Gelbert., dkk, Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall chart”. BukuPanduan Pendidikan Lingkungan Hidup, Malang: PPPGT/VEDC, 1996.

Zahar, Iwan, Catatan Fotografer: Kiat Jitu Menembus New York. Jakarta : Penerbit Kreativ Media, 2003.

Partanto, Pius., M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiyah Populer, Surabaya: Apollo. A.Rofiq, 2005.

Bagoes, ( ). Estetika Fotografi. Artikel cendekiawan, 2001.

Salim, P., & Salim, Y. Kamus besar Bahasa Indonesia kontemporer. Jakarta: English Press. Saravi, FK, dkk, 2002.

Alex Sobur, Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Raharjo, A., Pramana, I. M. B., & Saryana, I. M. (2022). DAMPAK NEGATIF SAMPAH ANORGANIK KARYA CIPTA FOTOGRAFI EKSPRESI. Retina Jurnal Fotografi, 2(2), 242–256. https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.1785

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>