Visualisasi Produk Kosmetik Dalam Fotografi Komersial

Penulis

  • Eric Adam Brahmandita Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Cokorda Istri Puspawati Nindhia Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31091/rjf.v2i1.1277

Kata Kunci:

Foto Komersial, Produk Kosmetik, Foto Produk

Abstrak

Penulis memvisualkan produk kosmetik kedalam foto komersial. Foto komersial merupakan foto yang memiliki nilai jual dan fotografi komersial dibuat sesuai dengan tujuan komersial misalnya untuk iklan dari sebuah produk, untuk poster, atau yang lainnya. Pada bagian ini penulis menjabarkan cara yang ditempuh untuk menghasilkan sebuah ciptaan seni fotografi. Konsep yang diangkat oleh penulis menyusung tema Natural Kreatif yang dimana memanfaatkan ide kreatif dari penulis agar dapat menghasilkan foto yang menarik dengan memanfaatkan konsep natural melalui cahaya, warna, dan teknik pengambilan setiap foto. Pada karya ini terdapat beberapa penerapan konsep, aksesoris dan pencahayaan yang terbentuk oleh metode yang digunakan penulis, beberapa contohnya seperti metode eksplorasi, eksperimentasi, pembentukan karya hingga finishing. Penulis memanfaatkan eksplorasi melalui sumber – sumber yang berguna untuk dapat mencari dan memperluas konsep. Eksperimentasi menjadikan sumber dari eksplorasi dapat di praktikkan melalui bahan – bahan yang digunakan penulis sehingga dapat dilanjutkan ke tahap pembentukan karya. Tahap pembentukan karya penulis mencoba untuk menerapkan yang terlebih dahulu sudah dikonsepkan melalui eksplorasi dan eksperimentasi. Serta tahap finishing penulis mencoba untuk memilah karya yang sudah di bentuk melalui metode sebelumnya dan menentukan beberapa foto terbaik yang selanjutnya akan memasuki tahap penyuntingan atau editing. Karya yang diangkat oleh penulis merupakan atas pengalaman dan bimbingan selama menempuh Studi/Proyek Independen di SP Digital Marketing Agency. Penulis menginginkan karya yang dibuat ini kedepannya dapat digunakan untuk menjadi ajaran serta memenuhi kebutuhan promosi suatu produk untuk mempromosikan produk produsen yang membuat ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

[1]
E. A. Brahmandita, C. I. P. Nindhia, dan I. M. B. Pramana, “Visualisasi Produk Kosmetik Dalam Fotografi Komersial”, Retina J. Fot., vol. 2, no. 1, hlm. 92–99, Mar 2022.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>