Penerapan Teknik Creative Motion Dalam Fotografi Pernikahan Pada IMAJ Gallery

Penulis

  • Fourina Mikhael Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Made Bayu Pramana Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Cokorda Istri Puspawati Nindhia Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3243

Kata Kunci:

fotografi, fotografi pernikahan, creative motion

Abstrak

Fotografi adalah sebuah media komunikasi, sebuah bahasa yang ada dalam sebuah gambar. Fotografi Pernikahan merupakan salah satu genre dalam dunia fotografi yang tidak hanya mengabadikan suatu kenangan, namun dalam pelaksanaannya terdapat proses kreatif dari fotografer. Creative Motion fotografi adalah teknik fotografi yang bertujuan untuk menangkap atau merekam subjek atau adegan yang sedang bergerak atau dalam gerakan. Tujuan penulis memilih Studi/Proyek Independen yang dilaksanakan di IMAJ Gallery untuk memberikan wawasan yang lebih baik tentang potensi artistik dan estetika yang dapat dihasilkan melalui penggunaan teknik ini, serta bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan kualitas dokumentasi pernikahan di IMAJ Gallery. Pada tugas akhir ini menggunakan metode ialah eksplorasi, eksperimentasi, dan pembentukan. Hasil yang telah diperoleh selama mengikuti Studi/Proyek Independen ini dapat dijadikan sebagai pengalaman baru bagi IMAJ Gallery dalam mengikuti proses pengembangan genre fotografi pernikahan dengan teknik creative motion khususnya untuk menarik konsumen di era sekarang ini. Adapun hasil tugas akhir adalah berupa karya fotografi dan karya tulis. Dalam karya fotografi ini, penulis menampilkan 15 karya fotografi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fauzan, R. A. (2020). Strategi Produksi Video Profil Desa Panglungan Jombang (Doctoral dissertation, Untag 1945 Surabaya).

Hirsch, Robert. J. (2007), LIGHT AND LENS : photography in the digital age, Burlington, America.

Irawan, H. P. (2016). Estetika Fotografi Pernikahan Menggunakan Strobist dalam Industri Kreatif (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Juliana, N. (2021). Kreatifitas Melukis Flaura Fauna Pada Kertas Linen. Snhrp, 14-21.

Luna, H., & Noviantoro, Y. (2014). Njepret otodidak: kamera DSLR untuk pemula. Penerbit Trans idea publishing, Jogjakarta.

Rifai, B. M. (2018). Estetika Kaca Prisma Pada Pemotretan Post-Wedding Dalam Wedding Photography (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Saputra, R. B. (2018). LKP: Perancangan Foto Aerial Shoot Pabrik Amurea 2 PT. Petrokimia Gresik untuk Laporan Kemajuan Kerja Perusahaan (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Syifa, R. E. A., Trihanondo, D., & Kusumanugraha, S. (2021). Fotografi Potret Dengan Teknik Slow Synchronization Flash Dalam Pemotretan Tari Kuda. eProceedings of Art & Design, 8(5)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-27

Cara Mengutip

Mikhael, F., Pramana, I. M. B., & Nindhia, C. I. P. (2024). Penerapan Teknik Creative Motion Dalam Fotografi Pernikahan Pada IMAJ Gallery. Retina Jurnal Fotografi, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.59997/rjf.v4i1.3243

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>