SEPEDA ONTHEL DALAM FOTOGRAFI STILL LIFE DENGAN TONAL WARNA SEPIA

Penulis

  • I Made Dennis Penn Yohan Kayansa Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Cokorda Istri Puspawati Nindhia Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Amoga Lelo Octaviano Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v1i1.328

Kata Kunci:

Sepeda Onthel, Warna Sepia, Fotografi Still life

Abstrak

Sepeda onthel tetap langgeng dikalangan tertentu di tengah gempuran produksi berbagai macam sepeda modern. Bentuk klasik dari sepeda onthel menarik untuk dijadikan karya fotografi still life dengan lokasi pemotretan di kota Heritage Denpasar Bali. Untuk mengetahui cara memvisualisasikan serta teknik yang digunakan dalam proses penciptaan karya sepeda onthel dalam fotografi still life dengan tonal warna sepia.

Penciptaan karya fotografi ini berawal dari melakukan observasi lapangan, ekplorasi dan eksperimen dalam melakukan pemotretan. Dari hasil pemotretan dilanjutkan dengan proses pemilihan foto terbaik, dan tahap akhir dilakukan proses editing tonal sepia dan pencetakan karya. Selain itu penulis juga menggunakan adanya teori estetika untuk membantu proses pembuatan karya sepeda onthel.

Dalam penciptaan karya ini penulis dapat menarik kesimpulan untuk mengetahui visualisasi sepeda onthel serta teknik-teknik yang digunakan. Melalui karya fotografi still life mengenai sepeda onthel dalam fotografi still life dengan tonal warna sepia ini diharapkan kepada masyarakat mengenal dan melestarikan sepeda kuno ini sedangkan kendala saat pemotretan adalah Pandemic Covid 19 yang menghambat kebebasan dalam eksplorasi lapangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Kayansa, I. M. D. P. Y., Nindhia, C. I. P., & Octaviano, A. L. (2021). SEPEDA ONTHEL DALAM FOTOGRAFI STILL LIFE DENGAN TONAL WARNA SEPIA. Retina Jurnal Fotografi, 1(1), 41–44. https://doi.org/10.59997/rjf.v1i1.328

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.