REKONSTRUKSI IDA DEWA AGUNG ISTRI KANIA DALAM FOTOGRAFI FASHION

Penulis

  • Cokorda Istri Puspawati Nindhia Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Amoga Lelo Octaviano Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Agus Bratayadnya Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.1807

Kata Kunci:

Ida Dewa Agung Istri Kania, Feminisme, Rekonstruksi, Fotografi Fashion

Abstrak

Penelitian dan penciptaan ini bertujuan sebagai sebuah interpretasi nilai-nilai perjuangan Ida Dewa Agung Istri Kania, yang diproyeksikan ke dalam fotografi. Karya yang dirupakan dalam fotografi memiliki bentuk busana otentik yang memperkuat momen kesejarahan di era 1800-an. I Dewa Agung Istri Kania, menjadi inspirasi fotografi yang menunjukkan karakter seorang wanita lembut nan tangguh, yang ditunjukkan dalam balutan busana dan efek fotografi. Metode yang digunakan yaitu: eksplorasi, eksperimen, dan pembentukan yang berpijak pada kaidah reproduksi dalam fotografi. Foto yang ditampilkan memiliki otentikasi kesejarahan dan menampilkan kekuatan perjuangan seorang wanita. Sekaligus mempertanyakan posisi wanita dan peranannya dalam perjuangan kala itu melalui reka cipta fotografi. Seluruhnya dibalut dalam permainan cahaya dan warna melalui teknik fotografi, demi menampilkan kesan wanita yang feminin namun perkasa. Melalui karya penelitian dan penciptaan ini, reka cipta momen kesejarahan di era Ida Dewa Agung Istri Kania dapat menjadi sebuah inspirasi bagi wanita modern, dalam membentuk karakter diri yang anggun namun kuat dalam memperjuangkan kehidupannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajidarma, Seno Gumira,2002. Kisah Mata,Yogyakarta:Galang Press

Abdi,Yuyung.2012. Photography from My Eyes. Jakarta: Elex Media Komputindo

Berger,Jhon.1972. The way Of Seing.USA:The Viking Press

Burke,Peter 2011. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005,

Erniati,I Gusti Ayu.1981. Peranan I Dewa Agung Istri Kania Ketika Intervensi Belanda terhadap Kerajaan Klungkung. Denpasar: Fakultas Sastra Unud.

Kuntowijoyo.2013. Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana

Noorwatha, I Kadek Dwi.2019. NARANATHA-KANYA: Jejak Sejarah Dewa Agung Istri Kanya dan Kebangkitan Seni Kerajaan Klungkung Abad ke-19. Denpasar: Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sidemen, I., Wirawan, A., Dunia, W., & Kanta, I., 1983, Sejarah Klungkung Dari Smarapura sampai Puputan, Semarapura: Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Sukartha, I. N., 2017, Ida I Dewa Agung Istri Kania: Raja, Feminisme, dan Pahlawan dari Klungkung, Jurnal Dharmasmrti Vol. XVI Nomor 01 April

Zoutmulder, P.J. 2006. Kamus Bahasa Jawa Kuna-Indonesia, Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Nindhia, C. I. P., Octaviano, A. L., & Bratayadnya, P. A. (2022). REKONSTRUKSI IDA DEWA AGUNG ISTRI KANIA DALAM FOTOGRAFI FASHION. Retina Jurnal Fotografi, 2(2), 257–262. https://doi.org/10.59997/rjf.v2i2.1807

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>