BRANDING FAKULTAS ARSITEKTUR DAN DESAIN DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR

Main Article Content

Aris Sutejo
Ahmad Zamzamy

Abstract

Fakultas Arsitektur dan Desain merupakan fakultas baru yang berasal dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Fakultas Arsitektur dan Desain mempunyai dua Program Studi yakni Arsitektur dan Desain Komunikasi Visual. Secara administrasi FTSP telah berubah menjadi FAD (Fakultas Arsitektur dan Desain) dan FT (Fakultas Teknik). Namun masih banyak elemen yang menunjukkan adanya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan seperti pada identification sign dan nama gedung Giri Yasa. Gedung yang selama ini digunakan oleh empat program studi masih belum jelas statusnya dikelola oleh Fakultas Arsitektur dan Desain atau Fakultas Teknik. Pada masa transisi diperlukan adanya pembinaan secara bertahap agar masing-masing fakultas muncul sebagai wajah baru. Oleh karena itu, branding fisik Fakultas Arsitektur dan Desain diperlukan sebagai media informasi. Menggunakan metode analisis consumer journey dan consumer insight agar pesan yang disampaikan efektif dan efisien. Analisis consumer insight dilakukan berdasarkan data hasil wawancara dengan target audiens yang menggunakan metode why test. Hasil wawancara tersebut memiliki insight yang bermacam-macam. Menggunakan insight yang unik merupakan solusi kreatif untuk menawarkan gagasan yang lebih segar. Analisis consumer journey dilakukan berdasarkan hasil pengamatan kebiasaan sehari-hari target audiens. Analisis consumer journey digunakan untuk menemukan titik poin yang sering bersinggungan dengan target audiens. Berdasarkan titik poin inilah berbagai media dapat diciptakan dan ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sutejo, A., & Zamzamy, A. (2020). BRANDING FAKULTAS ARSITEKTUR DAN DESAIN DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 88–92. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.35
Section
Artikel

References

Kasilo, Djito. 2002. Komunikasi Cinta: Menembus G- Spot Konsumen Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Marioka, Adams., Terry Stone. 2006. Color Design Workbook. USA: Published by Rockport Publisher, Inc.

Sujarwo., Delnitawati. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Hal 1-9

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: an essential guide for the entire branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.