BRANDING FAKULTAS ARSITEKTUR DAN DESAIN DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR

Authors

  • Aris Sutejo Desain Komunikasi Visual, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Jawa Timur
  • Ahmad Zamzamy Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.35

Keywords:

Branding, The Faculty, Architecture, Visual Communication Design

Abstract

Fakultas Arsitektur dan Desain merupakan fakultas baru yang berasal dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Fakultas Arsitektur dan Desain mempunyai dua Program Studi yakni Arsitektur dan Desain Komunikasi Visual. Secara administrasi FTSP telah berubah menjadi FAD (Fakultas Arsitektur dan Desain) dan FT (Fakultas Teknik). Namun masih banyak elemen yang menunjukkan adanya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan seperti pada identification sign dan nama gedung Giri Yasa. Gedung yang selama ini digunakan oleh empat program studi masih belum jelas statusnya dikelola oleh Fakultas Arsitektur dan Desain atau Fakultas Teknik. Pada masa transisi diperlukan adanya pembinaan secara bertahap agar masing-masing fakultas muncul sebagai wajah baru. Oleh karena itu, branding fisik Fakultas Arsitektur dan Desain diperlukan sebagai media informasi. Menggunakan metode analisis consumer journey dan consumer insight agar pesan yang disampaikan efektif dan efisien. Analisis consumer insight dilakukan berdasarkan data hasil wawancara dengan target audiens yang menggunakan metode why test. Hasil wawancara tersebut memiliki insight yang bermacam-macam. Menggunakan insight yang unik merupakan solusi kreatif untuk menawarkan gagasan yang lebih segar. Analisis consumer journey dilakukan berdasarkan hasil pengamatan kebiasaan sehari-hari target audiens. Analisis consumer journey digunakan untuk menemukan titik poin yang sering bersinggungan dengan target audiens. Berdasarkan titik poin inilah berbagai media dapat diciptakan dan ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kasilo, Djito. 2002. Komunikasi Cinta: Menembus G- Spot Konsumen Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Marioka, Adams., Terry Stone. 2006. Color Design Workbook. USA: Published by Rockport Publisher, Inc.

Sujarwo., Delnitawati. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Hal 1-9

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: an essential guide for the entire branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual

Downloads

Published

2020-07-14

How to Cite

Sutejo, A., & Zamzamy, A. (2020). BRANDING FAKULTAS ARSITEKTUR DAN DESAIN DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 88–92. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.35

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.