Musical Composition Sandyaning Rang-Rang | Komposisi Musik Sandyaning Rang-Rang

Penulis

  • I Putu Eka Julyana Putra Program Studi Seni Karawitan, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.1190

Kata Kunci:

Sandyaning Rang-Rang, Pepanggulan, Gong Kebyar, Bali Utara, Karawitan

Abstrak

Tabuh kreasi pepanggulan Sandyaning Rang-Rang ini karya yang tercipta dari penggabungan antara gaya Bali Selatan dan gaya Bali Utara. Keunikan yang terdapat dalam karya ini seperti Teknik-teknik, penjiwaan atau pembawaan, serta karakter yang terdapat kedua daerah tersebut. Tujuan terciptanya tabuh kreasi pepanggulan Sandyaning Rang-Rang ini adalah untuk menyatukan gaya-gaya antara Bali Selatan dengan gaya Bali Utara ke dalam  konsep karya tabuh kreasi pepanggulan dengan menggunakan media ungkap musik karawitan Bali. Metode penciptaan karya ini menggunakan metode penciptaan dari Alma M. Hawkins yang terdiri dari tahap penjajagan, tahap percobaan, dan tahap pembentukan. Dari metode tersebut, penata berkreativitas dengan membentuk sebuah karya tabuh kreasi pepanggulan Sandyaning Rang-Rang. Hasil proses karya tabuh kreasi pepanggulan Sandyaning Rang-Rang ini penata mampu menyatukan gaya Bali Selatan dan gaya Bali Utara ke dalam sebuah bentuk tabuh kreasi pepanggulan Sandyaning Rang-Rang. Pada hakekatnya tabuh kreasi pepanggulan Sandyaning Rang-Rang ini merupakan sebuah media untuk membuktikan kepada pendengar karya bahwa gaya Bali Selatan dan gaya Bali Utara dalam konteks seni karawitan Bali dapat disatukan melalui konsep yang telah dirancang dan dipaparkan melalui desiminasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardana, I. K. (2017). Metode Penciptaan Karya-Karya Baru Karawitan Bali. In Yudiaryani, B. Pudjasworo, H. B. Prasetya, & I. W. Senen (Eds.), Karya Cipta Seni Pertunjukan (pertama, pp. 345–363). JB Publisher bekersama dengan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

Bandem, I. M. (1991). Ubit-ubitan Sebuah Teknik Permainan Gamelan Bali. Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar.

Deny Praditya, Saptono, I. K. P. (2021). Creation Music Pepanggulan Ki Gepang | Tabuh Kreasi Pepanggulan, “Ki Gepang.” 01(04), 264–272. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/427

Hawkins, A. M. (2003). Mencipta Lewat Tari. Terj. Y. Sumandiyo Hadi. Manthili.

Pradana, K. A. W., & Garwa, I. K. (2021). Samirata a Musical Art Composition Creative Percussion | Samirata: Sebuah Karya Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(03), 145–151. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/355

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). TEKNIK PERMAINAN KENDANG TUNGGAL PADA GAMELAN BALI. Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/3795/

Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelang Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Pudjasworo, B., Prasetya, H. B., & Senen, I Wayan, Rokhani, Umilia, Y. (2017). Karya Cipta Seni Pertunjukan. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5386

Santosa, H. (2005). Pengetahuan Multimedia Jilid 1.

Yudarta, I. G. (2017). Tabuh Kreasi Pepanggulan Bentuk Komposisi Baru Dalam Seni Karawitan Gong Kebyar. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/publication/46765424_TABUH_KREASI_PEPANGGULAN_BENTUK_KOMPOSISI_BARU_DALAM_SENI_KARAWITAN_GONG_KEBYAR

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-06

Terbitan

Bagian

Articles