Music Composition Ngiyang | Komposisi Musik Ngiyang
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1199Kata Kunci:
Ngiyang, Gong Kebyar, Karawitan, BaliAbstrak
Ngiyang merupakan penggabungan dari dua kata yang menjadi satu yaitu ngibur dan melayangan. Tujuan dari garapan ini, yaitu ingin mendalami lebih jauh terhadap komposisi karya tabuh kreasi baru gong kebyar yang sudah penata rancang dan bagaimana cara penata dapat menumbuhkan sesuatu hal baru didalam bentuk garapan ini sebagai eksperimen yang penata lakukan. Karya seni karawitan Ngiyang ini tercipta melalui metode yang dijalani dengan proses kreatifitas yang selalu berkaitan dengan waktu, tempat, situasi dan kondisi tentunya diimbangi dengan pengalaman penata didalam dunia Seni Karawitan sehingga mampu mencapai keberhasilan dalam menciptakan suatu karya seni. Tahap penciptaan karya Ngiyang dilaksanakan bersama 36 musisi, menggunakan media ungkap gong kebyar. Hasil dari karya ini terunggah atau tersiar di media sosial dengan menggunakan aplikasi Youtube dengan durasi 14 menit 41 detik.
Unduhan
Referensi
Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Badan Penerbit STIKOM Bali.
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Kanisius.
Dewantara, I. P. G. E. P. (2021). Sangkameteng Karawitan CompositionKomposisi Karawitan Sangkameteng. Sangkameteng Karawitan CompositionKomposisi Karawitan Sangkameteng, vol.1 no.1.
Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodologi Penciptaan Seni. Pusat Penerbitan LPPMPP Institut Seni Indonesia Denpasar.
Djendra, I. N. (2009). Kamus Ideal Bahasa Bali. Dharma Pura.
Hawkins, A. M. (2003). Mencipta Lewat Tari (Y. S. Hadi (ed.)). Manthili.
I Gede Arya Sugiartha. (2018). Lekesan: Interdisciplinary Journal of Asia Pacific Arts. Lekesan: Insterdisciplinary Journal of Asia Pacific Arts, 1(1).
I Kadek Tunas Sanjaya, I. N. K. (2021). Introduction to Contemporary Music “Ngegong” | Pengantar Musik Kontemporer “Ngegong.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan.
Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya. Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya.
Karina, I., & dkk. (2016). The Composer Journey Wacana dan Kerja Komponis Indonesia. Art Music Today Publishing.
Pradana, K. A. W. (2021). SAMIRATA a Musical Art Composition Creative Percussion | SAMIRATA Sebuah Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi. SAMIRATA a Musical Art Composition Creative Percussion | SAMIRATA Sebuah Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi, 1 no.
Pryatna, I. P. D. (2020). Konsep Musikal Instrumen Kendang dalam Gamelan Gong Kebyar. Konsep Musikal Instrumen Kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar, vol.21 no.
Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747
Sugiartha, I. G. A. (2012). Kreatifitas Musik Bali Garapan Baru: Persfektif Cultural Studies. UPT. Penerbitan ISI Denpasar.
Sukerta, P. M. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik: Sebuah Alternatif. ISI Press Solo.
Yudha, I. N., Widiantara, P., Santosa, H., & Suartaya, K. (2020). Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros. 8(April), 1–13. https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3607