Music Composition “Entik” | Komposisi Musik “Entik”

Penulis

  • I Wayan Arya Bisma Program Studi Seni Karawitan, ISI Denpasar
  • I Wayan Suharta Program Studi Seni Karawitan, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1203

Kata Kunci:

Akar, Entik, Karawitan

Abstrak

Pertumbuhan akar selalu berkembang membentuk cabang-cabang baru sehingga terbentuk fisik yang sangat unik dengan jalinan-jalinan yang tidak teratur yang menjadikan bentuk fisik akar tersebut terlihat rumit. Fenomena tersebut merangsang pikiran penulis untuk mentransfernya kedalam bentuk karya seni komposisi karawitan yang berjudul Entik. Fenomena tersebut diinterpretasikan dengan mengolah cakupan nada, jalinan-jalinan pola dan jalinan-jalinan antar instrumen, pengembangan fungsi instrument, ritme, tempo dan dinamika yang diolah secara minimalis, yang dipresentasikan menggunakan media ungkap gamelan semarandhana.. Penciptaan karya ini direalisasikan menggunakan metode penciptaan Panca Sthiti Ngawi Sani, yang terdiri dari lima tahap penciptaan, yaitu: Ngawirasa, Ngawack, Ngarancana, Ngewangun dan Ngebah.

 

Kata Kunci: akar, entik, karawitan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bandem, I. . (2013). Gambelan Bali Diatas Panggung Sejarah. BP Stikom Bali.

Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodelogi Penciptaan Seni. BP ISI Denpasar.

Liunokas, A., & Hosanty, A. (2021). Karakteristik Morfologi Tumbuhan. Deepublish.

Pratama, G. M. R. S. (2021). Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 92–99. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/149

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991

Puser Bhumi, B., Sudirga, I. K., & Sudirana, I. W. (2021). Pluminasi Sebagai Metode Komposisi Baru Pada Karya Musik Kontemporer. 01(04), 234–243. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/391

Putu Paristha Prakasih, Hendra Santosa, I. G. Y. (2018). Tirtha Campuhan: Karya Komposisi Baru dengan Media Gamelan Semar Pagulingan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 19(3), 113–121. https://doi.org/10.24821/resital.v19i3.2452

Rustopo. (2010). Gamelan Kontemporer di Surakarta. ISI Press Solo.

Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747

Saptono, Haryanto, T., & Hendro, D. (2019). Greng Sebuah Estetika Dalam Kerampakan Antara Gamelan dan Vokal. KALANGWAN Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.31091/kalangwan.v5i1.728

Sugiartha, I. G. (2015). Lekesan Fenomena Musik Bali. UPT Penerbit Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sukerta, P. M. (1998). Ensiklopedi Karawitan Bali. Sastrataya_Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-15

Terbitan

Bagian

Articles