Music Composition “Entik” | Komposisi Musik “Entik”
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1203Kata Kunci:
Akar, Entik, KarawitanAbstrak
Pertumbuhan akar selalu berkembang membentuk cabang-cabang baru sehingga terbentuk fisik yang sangat unik dengan jalinan-jalinan yang tidak teratur yang menjadikan bentuk fisik akar tersebut terlihat rumit. Fenomena tersebut merangsang pikiran penulis untuk mentransfernya kedalam bentuk karya seni komposisi karawitan yang berjudul Entik. Fenomena tersebut diinterpretasikan dengan mengolah cakupan nada, jalinan-jalinan pola dan jalinan-jalinan antar instrumen, pengembangan fungsi instrument, ritme, tempo dan dinamika yang diolah secara minimalis, yang dipresentasikan menggunakan media ungkap gamelan semarandhana.. Penciptaan karya ini direalisasikan menggunakan metode penciptaan Panca Sthiti Ngawi Sani, yang terdiri dari lima tahap penciptaan, yaitu: Ngawirasa, Ngawack, Ngarancana, Ngewangun dan Ngebah.
Kata Kunci: akar, entik, karawitan
Unduhan
Referensi
Bandem, I. . (2013). Gambelan Bali Diatas Panggung Sejarah. BP Stikom Bali.
Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodelogi Penciptaan Seni. BP ISI Denpasar.
Liunokas, A., & Hosanty, A. (2021). Karakteristik Morfologi Tumbuhan. Deepublish.
Pratama, G. M. R. S. (2021). Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 92–99. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/149
Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991
Puser Bhumi, B., Sudirga, I. K., & Sudirana, I. W. (2021). Pluminasi Sebagai Metode Komposisi Baru Pada Karya Musik Kontemporer. 01(04), 234–243. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/391
Putu Paristha Prakasih, Hendra Santosa, I. G. Y. (2018). Tirtha Campuhan: Karya Komposisi Baru dengan Media Gamelan Semar Pagulingan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 19(3), 113–121. https://doi.org/10.24821/resital.v19i3.2452
Rustopo. (2010). Gamelan Kontemporer di Surakarta. ISI Press Solo.
Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747
Saptono, Haryanto, T., & Hendro, D. (2019). Greng Sebuah Estetika Dalam Kerampakan Antara Gamelan dan Vokal. KALANGWAN Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.31091/kalangwan.v5i1.728
Sugiartha, I. G. (2015). Lekesan Fenomena Musik Bali. UPT Penerbit Institut Seni Indonesia Denpasar.
Sukerta, P. M. (1998). Ensiklopedi Karawitan Bali. Sastrataya_Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.