epanggulan Creative Percussion “Labuhan Agni” | Tabuh Kreasi Pepanggulan “Labuhan Agni”
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i2.1362Kata Kunci:
Pepanggulan, Tabuh Kreasi, Labuhan Agni, panca sthiti ngawi saniAbstrak
Labuhan Agni adalah sebuah karya komposisi Tabuh Kreasi Pepanggulan yang terinspirasi dari sebuah pura yang bernama Labuh Api di desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Api di definisikan sebagai emosi yang ada dalam tubuh Manusia. Karya komposisi Labuhan Agni dilandasi pemikiran yang berpijak pada patron-patron tradisi pada karya-karya yang diciptakan sebelumnya ditandai dengan adanya pengembangan unsur unsur musikal yang dituangkan ke dalam media ungkap gamelan Gong Kebyar. Metode penciptaan yang digunakan dalam karya komposisi Labuhan Agni adalah metode penciptaan Panca Sthiti Ngawi Sani yang meliputi tahap inspirasi (ngawirasa), tahap eksplorasi (ngawacak), tahap konsepsi (ngarencana), tahap eksekusi (ngawangun) dan yang terakhir tahap produksi (ngebah). Pembentukan karya komposisi Labuhan Agni di bagi menjadi 3 bagian, dan durasi keseluruhan karya komposisi yaitu 12 menit. Terwujudnya karya komposisi Labuhan Agni diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas seniman muda di Bali untuk mewujudkan sebuah karya dari fenomena yang ada di lingkungan sekitar dan memiliki nilai keindahan dan keistimewaan pada karya komposisi.
Unduhan
Referensi
Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodelogi Penciptaan Seni. BP ISI Denpasar.
Gede Risa Sutra Gita, I. K. S. (2021). Introduction to the Musical Composition “Tirtha Nadi” | Pengantar Karya Komposisi Karawitan “Tirtha Nadi.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 75–83.
Himawan, R. (2013). MENDIDIK KARAKTER ANAK DENGAN MEDIA KESENIAN KARAWITAN Riswanda Himawan Pbsi Fkip Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 227–231.
I Kadek Tunas Sanjaya, I. N. K. (2021). Introduction to Contemporary Music “Ngegong” | Pengantar Musik Kontemporer “Ngegong.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan.
Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 222–229. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1471
Pertunjukan, F. S. (2014). Skrip karya seni dwi swara tunggal.
Pradana, K. A. W., & Garwa, I. K. (2021). Samirata: Sebuah Karya Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(03), 145–151. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.355
Pradnyantika, I. G. A., Sudiana, I. N., & Haryanto, T. (2019). Waluku Sebagai Acuan Dalam Garapan Karawitan Bali. Kalangwan, 5, 49–60.
Pratama, G. M. R. S. (2021). Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 92–99. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/149
Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991
Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelang Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220
Pudjasworo, B., Prasetya, H. B., & Senen, I Wayan, Rokhani, Umilia, Y. (2017). Karya Cipta Seni Pertunjukan. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5386
Sudibya, I. G. N., Sukerta, P. M., Kusumo, S. W., & Supriyanto, E. (2018). Fungsi dan Peran Api dalam Seni dan Kehidupan Masyarakat Bali. Panggung, 28(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v28i2.520
SUGIHARTA, I. G. A. (2012). Kreativitas Musik Bali Garapan Persfektif Cultural Studies. Instutut Seni Indonesia Denpasar, UPT.
Yudha, I. N., Widiantara, P., Santosa, H., & Suartaya, K. (2020). Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros. 8(April), 1–13. https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3607