epanggulan Creative Percussion “Labuhan Agni” | Tabuh Kreasi Pepanggulan “Labuhan Agni”

Penulis

  • I Kadek Bayu Wedanta Seni Karawitan

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i2.1362

Kata Kunci:

Pepanggulan, Tabuh Kreasi, Labuhan Agni, panca sthiti ngawi sani

Abstrak

Labuhan Agni adalah sebuah karya komposisi Tabuh Kreasi Pepanggulan yang terinspirasi  dari sebuah pura yang bernama Labuh Api di desa Ungasan, Kecamatan Kuta  Selatan, Kabupaten Badung. Api di definisikan sebagai emosi yang ada dalam tubuh Manusia. Karya  komposisi Labuhan Agni dilandasi pemikiran yang berpijak pada patron-patron tradisi pada  karya-karya yang diciptakan sebelumnya ditandai dengan adanya pengembangan unsur unsur musikal yang dituangkan ke dalam media ungkap gamelan Gong Kebyar. Metode  penciptaan yang digunakan dalam karya komposisi Labuhan Agni adalah metode penciptaan  Panca Sthiti Ngawi Sani yang meliputi tahap inspirasi (ngawirasa), tahap eksplorasi  (ngawacak), tahap konsepsi (ngarencana), tahap eksekusi (ngawangun) dan yang terakhir  tahap produksi (ngebah). Pembentukan karya komposisi Labuhan Agni di bagi menjadi 3  bagian, dan durasi keseluruhan karya komposisi yaitu 12 menit. Terwujudnya karya  komposisi Labuhan Agni diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas seniman muda di Bali  untuk mewujudkan sebuah karya dari fenomena yang ada di lingkungan sekitar dan memiliki  nilai keindahan dan keistimewaan pada karya komposisi. 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodelogi Penciptaan Seni. BP ISI Denpasar.

Gede Risa Sutra Gita, I. K. S. (2021). Introduction to the Musical Composition “Tirtha Nadi” | Pengantar Karya Komposisi Karawitan “Tirtha Nadi.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 75–83.

Himawan, R. (2013). MENDIDIK KARAKTER ANAK DENGAN MEDIA KESENIAN KARAWITAN Riswanda Himawan Pbsi Fkip Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 227–231.

I Kadek Tunas Sanjaya, I. N. K. (2021). Introduction to Contemporary Music “Ngegong” | Pengantar Musik Kontemporer “Ngegong.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan.

Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 222–229. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1471

Pertunjukan, F. S. (2014). Skrip karya seni dwi swara tunggal.

Pradana, K. A. W., & Garwa, I. K. (2021). Samirata: Sebuah Karya Komposisi Seni Karawitan Tabuh Kreasi. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(03), 145–151. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.355

Pradnyantika, I. G. A., Sudiana, I. N., & Haryanto, T. (2019). Waluku Sebagai Acuan Dalam Garapan Karawitan Bali. Kalangwan, 5, 49–60.

Pratama, G. M. R. S. (2021). Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru. Ghurnita: Jurnal Seni Karawitan, 01(02), 92–99. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/149

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991

Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelang Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Pudjasworo, B., Prasetya, H. B., & Senen, I Wayan, Rokhani, Umilia, Y. (2017). Karya Cipta Seni Pertunjukan. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5386

Sudibya, I. G. N., Sukerta, P. M., Kusumo, S. W., & Supriyanto, E. (2018). Fungsi dan Peran Api dalam Seni dan Kehidupan Masyarakat Bali. Panggung, 28(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v28i2.520

SUGIHARTA, I. G. A. (2012). Kreativitas Musik Bali Garapan Persfektif Cultural Studies. Instutut Seni Indonesia Denpasar, UPT.

Yudha, I. N., Widiantara, P., Santosa, H., & Suartaya, K. (2020). Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros. 8(April), 1–13. https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3607

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-13

Terbitan

Bagian

Articles