Innovative Karawitan Artwork Ngulat | Karya Karawitan Inovatif Ngulat

Penulis

  • I Made Agus Sumantra Seni Karawitan ISI Denpasar
  • I Ketut Partha Seni Karawitan ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i3.2159

Kata Kunci:

Karawitan Inovatif, Ayaman, Ngulat, Semar Pegulingan

Abstrak

Pohon kelapa memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat di Bali. Pohon kelapa sangat bermanfaat sebagai bagian dari upacara agama Hindu di Bali. Mulai dari batang pohon kelapa dapat digunakan sebagai bahan bangunan rumah, buah kelapa yang digunakan sebagai bagian dari upacara dan pengobatan tradisional, hasil olahan kelapa minyak kelapa, daun kelapa dapat digunakan sebagai sesaji upacara agama Hindu. di Bali. Berdasarkan kenyataan tersebut, pencipta terinspirasi untuk menggunakan daun kelapa sebagai ide untuk menciptakan karya seni karawitan berjudul NGULAT. Ngulat adalah anyaman atau yang terbuat dari bambu, daun pandan atau daun kelapa. Metode yang digunakan dalam karya seni karawitan inovatif “Ngulat” adalah metode Alma M. Hawkins yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap penilaian, percobaan dan pembentukan. Proses penciptaan yang digunakan oleh para komponis berdasarkan struktur triangga: pangawit, pangawak, dan pangecet. Gamelan Semar Pegulingan dipilih oleh pencipta untuk mengubah gagasan anyaman janur menjadi kombinasi indah tujuh nada dalam gamelan Semar Pegulingan dengan patet selisir dan patet selendro alit, yang didukung oleh 13 (tiga belas) pemain musik dari Mekar Seruni Sanggar di Banjar Sayan Delodan, Desa Wherdi Bhuana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arya Sugiartha, I Gede. 2015. “Kontribusi Seni Bagi Masyarakat : Bentuk dan Konsep Estetik Musik Tradisional Bali”, dalam Panggung Jurnal Ilmiah Seni & Bahasa Vol. 25 No. 1 Maret 2015. Bandung : STSI Bandung. http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v25i1.14

Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Dibia, I Wayan. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Bandung : Penerbit Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Dibia, I Wayan. 2020. Ngunda Bayu Teknik Pengolahan Tenaga Dalam Seni Pertunjukan Bali. Denpasar : Penerbit Geria Olah Kreativitas Seni (GEOKS).

Hawkins, M. A. 1965. Creating Through Dance diterjemahkan oleh Y. Sumandiyo Hadi. 1990. Mencipta Lewat Tari. Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta.

Nagara, I. Putu Purwwangsa; I. Nyoman Sudiana. 2021. “Gamelan Gender Wayang Composition ‘Sandaran Laju’ | Komposisi Gamelan Gender Wayang ‘Sandaran Laju.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 01(02):117–25. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333.

McPhee, Collin. 1966. Music in Bali. Yale : University Press.

Miller, Hugh M. 2017. Apresiasi Musik. Yogyakarta : Thafa Media.

Pratama, Gede Made Rama, and Saptono -. 2023. “Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):92–99. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.149.

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 1 https://doi.org/0.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.

Santosa, Hendra. 2017. “Gamelan Perang Di Bali Abad Ke-10 Sampai Awal Abad Ke-21.” Sumedang: Universitas Padjadjaran.

Santosa, H. (2005). Pengetahuan Multimedia Jilid 1.

Sutyasa, I. Made Agus Natih, Saptono Saptono, and I. Ketut Muryana. 2023. “Karya Karawitan Inovatif ‘Ngincung.’” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik 3(1):1–14. doi: https://doi.org/10.30872/mebang.v3i1.53.

Satya, I. Putu Gede Wira. 2023. “Introduction to the Contemporary Musical Composition ‘Life Style’ | Pengantar Komposisi Musik Kontemporer ‘Life Style.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):84–91. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.337.

Yudha, I. Nyoman, Putra Widiantara, Hendra Santosa, and Kadek Suartaya. 2020. “Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros.” 8(April):1–13. doi: https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3607.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-25

Terbitan

Bagian

Articles