Development Of Karawitan Arts And Creation Of Welcome Dance In Madenan Village | Pembinaan Seni Karawitan Dan Penciptaan Iringan Tari Penyambutan Di Desa Madenan

Penulis

  • Navio Gede Navio Raykin Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Nyoman Kariasa Seni Karawitan ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i1.2663

Kata Kunci:

Pembinaan, Penciptaan, Seni Karawitan

Abstrak

Artikel ini memuat tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang dilaksanakan di Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Tujuan dari KKNT ini adalah untuk mengembangkan Desa Madenan melalui seni Karawitan dan memberikan pengalaman kepada penulis dalam menerapkan pengetahuan teoritis dan mengembangkan praktik pembelajaran dan penciptaan seni karawitan di masyarakat. Seluruh Program kerja tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi atau studi Pustaka. Dalam penciptaan gending metode yang digunakan adalah   Panca Sthiti Ngawi Sani yang telah teruji dalam penciptaan seni. Selama proses pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik  tersebut menghasilkan beberapa gending yaitu pada Gong Kebyar menuangkan dua tabuh yaitu tabuh Telu Buaya Mangap dan Sekatian Ririg Cenik, pada Gamelan Gender Wayang menuangkan dua tabuh yaitu Seketi dan Rebong. Gending tari maskot Desa Madenan yang berbentuk tari penyambutan diberi judul “Kiraja” terinspirasi dari buah durian yang sangat unik yang hanya ada di Desa Madenan. keberhasilan KKNT ini harapan penulis semoga dapat terus membangkitkan semangatmasyarakat dan generasi muda dalam melestarikan kesenian khususnya seni karawitan di Desa Madenan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya Putra, I. K., Santosa, H., & Sudirga, I. K. (2020). The Concept of Balance at Sekati Ririg Gending in Tejakula, Buleleng Regency. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 20(2), 183–194. https://doi.org/10.15294/harmonia.v20i2.25412

Arimbawa, I. Putu Restu Krisna, and I. Ketut Partha. 2022. “Introduction to the Musical Composition ‘Windu Sara’ | Pengantar Karya Komposisi Karawitan ‘Windu Sara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(3):201–8. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.1184.

Bhumi, I. M. B. P. H. S. (2019). Pelatihan Gender Wayang Pada Generasi Muda Bali Untuk Melawan Dampak Negatif Kemajuan Teknologi. KALANGWAN Jurnal Seni Pertunjukan, 5(2), 99–105. https://doi.org/https://doi.org/10.31091/kalangwan.v5i2.777

Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Dibia, I. W. (2020). Metodologi Penciptaan Seni. LP2MPP ISI Denpasar.

Kusumayana, I. Gede Wisnu, and Saptono -. 2023. “TCreation Music Bangsing Waringin | Tabuh Kreasi Bangsing Waringin.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 3(3):306–12. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i3.2193.

Mariyana, N. P. H. I. N. (2021). Gamelan Gender Wayang. Mahima Institut Indonesia.

Pryatna, I. Putu Danika; Hendra Santosa. 2020. “Konsep Musikal Instrumen Kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 21(2):73–84. doi: 10.24821/resital.v21i2.4220.

Pryatna, I. Putu Danika, Hendra Santosa, and I. Komang Sudirga. 2020. “Permainan Kendang Bali.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 15(2):90–100. doi: 10.33153/dewaruci.v15i2.2991.

Putra, I. K. A., Komang, S. I., & Hendra, S. (2020). Gending Sekatian Desa Adat Tejakula. JOMSTI, Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(1), 51–68. http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3789

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.

Santosa, Hendra. 2017. “Gamelan Perang Di Bali Abad Ke-10 Sampai Awal Abad Ke-21.” Sumedang: Universitas Padjadjaran.

Santosa, Hendra. 2019. Mredangga: Perubahan Dan Kelanjutannya. Denpasar: Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Santosa, Hendra, Saptono, and I. Wayan Sutirtha. 2022. I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali. edited by Abdul. Denpasar: Penerbit Adab.

Sudirana, I. W. (2018). Meguru Panggul and Meguru Kuping; The Method of Learning and Teaching Balinese Gamelan. Lekesan: Interdisciplinary Journal of Asia Pacific Arts, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.31091/lekesan.v1i1.341

Sukerta, P. M. (2001). Jenis-Jenis Tungguhan Karawitan Bali. Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudyan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-07

Terbitan

Bagian

Articles