Preservation of Arts through Training Gamelan Semar Pegulingan in the Batur Traditional Village | Pelestarian Seni Melalui Pelatihan Gamelan Semar Pegulingan di Desa Adat Batur

Penulis

  • I Nengah Wirya Adnyana mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i2.3321

Kata Kunci:

Kknt, Desa Adat Batur, Gamelan Semar Pegulingan

Abstrak

Desa Adat Batur merupakan desa yang berada di sebelah utara kota Bangli tepatnya di Kecamatan Kintamani. Desa Adat Batur merupakan Desa Adat tua dengan ciri terdapatnya banyak pelinggih-pelinggih yang tersebar di wilayah Batur. Dalam bidang kesenian Desa Adat Batur terkenal akan barungan gambelan golongan tua, salah satunya gambelan Gong Gede. Dalam hasil observasi, bahwa dalam beberapa barungan gambelan lainnya seperti barungan gambelan angklung dan barungan gambelan semar pegulingan di Desa Adat Batur masih menoton, perlu ditingkatkan dan dikembangkan kembali, hal ini di sebabkan kurangnya tokoh-tokoh penggerak yang berfokus pada bidang seni khususnya seni karawitan tersebut. Oleh karena itu Desa Adat Batur mengajukan permohonan melalui surat yang ditujukan kepada Rektorat Isi Denpasar untuk membantu pelestarian seni di Desa Adat Batur. Sehingga dari masalah tersebut penulis ditunjuk dan ditugaskan oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan untuk membantu pelestarian seni yang ada di Desa Adat Batur dengan program KKN Tematik. Program KKN Tematik yang akan dilaksankan penulis di Desa Adat Batur  berfokus pada pelestarian seni karawitan melalui pelatihan tabuh-tabuh, serta untuk memenuhi tugas akhir penulis membuat sebuah karya menggunakan Barungan Gambelan Semar Pegulingan yang berjudul “Kelangon Ing Ranu”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Surya, I. G., Saptono, S., & Partha, I. K. (2022). The Process of Music Creation Kelabu | Proses Kreasi Musik “Kelabu.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.419

Adnyana, I. M. P. I. G. Y. H. S. (2019). Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 61–67. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/670

Andika, I. W. A., Sudirga, I. K., & Sudirana, I. W. (2022). Introduction to the Musical Composition “Telung Benang” | Pengantar Komposisi Karawitan “Telung Benang.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 2(2), 77–85. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.440

Anggraini, P. M. R. (2020). Keindahan Dewi Sri sebagai Dewi Kemakmuran dan Kesuburan di Bali. Jnanasiddhanta: Jurnal Teologi Hindu, 2(1), 21–30.

Gunawijaya, I. W. T. (2022). Danu Kertih sebagai Upaya Pelestarian Air Danau Batur (Kajian Teo-Sosio). Jnanasiddhanta: Jurnal Teologi Hindu, 3(2), 144–154.

Gusnaedi, I. K. (2021). Sejarah Desa Batur Tengah. Retrieved January 21, 2024, from https://baturtengah. desa.id/artikel/2021/5/1/sejarah-desa-batur-tengah-1

Hawkins, A. M. D. (1996). Mencipta Lewat Tari (Terjemahan oleh Y. Sumandiyo Hadi). Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Praditya, D., & Partha, I. K. (2021). Creation Music Pepanggulan Ki Gepang| Tabuh Kreasi Pepanggulan Ki Gepang. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(4), 264–272.

Pratama, A. L. (2018). Pemberdayaan pendidik (studi kasus pengembangan keprofesian berkelanjutan guru di SMK N Seni). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 90. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9276

Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Purna Yasa, I. M. R., & Santosa, H. (2022). The Transformation of Wargasari’s Kidung into Composition “Wehyang” | Transformasi Kidung Wargasari ke dalam Komposisi Karawitan “Wehyang.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 2(3), 173–179. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.476

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151

Santosa, Hendra, Ni Made Ayu Dwi Sattvitri, and Ni Wayan Masyuni Sujayanthi. 2022. “Mutusake: Interpretasi Putusnya Ekor Cicak Dalam Sebuah Karya Musik Karawitan.” PROMUSIKA 10(2):78–86. doi: 10.24821/promusika.v10i2.7486

Satya, I. Putu Gede Wira. 2023. "Introduction to the Contemporary Musical Composition' Life Style' | Pengantar Komposisi Musik Kontemporer' Life Style.'” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):84–91. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.337.

Sentana, I. Komang Diki Putra, Hendra Santosa, and Ni Wayan Masyuni Sujayanthi. 2022. “KARYA KOMPOSISI PETEGAK KREASI JEGOG ‘NGAKIT.’” Sorai: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik 14(2):80–87. doi: 10.33153/sorai.v14i2.4148.

Sevima. (2021). Kampus Merdeka Belajar.

Teniwut, M. (2022). Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian.

Yudarta, I. G. (2023). Sosialisasi Pogram MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). ISI Denpasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-07

Terbitan

Bagian

Articles