Gema Duta: Experimental Musical Works | Gema Duta: Karya Musik Eksperimental

Penulis

  • I Kadek Endra Dwi Antara Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Tiodore Adi Bawa Seni Karawitan ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i2.3381

Kata Kunci:

Gema Duta, Gong dan Bumbung Pipa, Musik Eksperimen, Tabuh Kreasi

Abstrak

Gema Duta merupakan sebuah karya musik eksperimental yang mengangkat kesederhanaan instrumen dan formula musik, khususnya fokus pada penggunaan Gong dan Bumbung Pipa sebagai media utama. Karya ini lahir dari keinginan penata untuk memberikan ruang pada karakteristik unik Gong dan Bumbung Pipa, meresapi keberadaan keduanya sebagai lebih dari sekadar resonator bunyi. Secara musikal, Gema Duta mengusung pendekatan sederhana yang terinspirasi oleh instrumentarium yang minimal. Proses penciptaan melibatkan tahapan eksplorasi dan eksperimen, terutama berakar pada pengalaman sebelumnya dengan Gamelan Bali, di mana pola-pola yang sama tidak sesuai karena perbedaan karakter suara instrumen. Gema Duta mengambil inspirasi dari fenomena kecacatan akustik yang dihasilkan oleh pantulan bunyi pada suatu permukaan yang tertunda, menciptakan bunyi yang berbeda dari sumber suara aslinya, yang dikenal sebagai "Gema" atau "echoes". Karya ini berusaha mengeksplorasi dan merepresentasikan konsep Gema melalui penggunaan alat musik Gong dan Bumbung Pipa, mengadopsi ide cacatan akustik sebagai dasar eksperimentalnya. Metode penciptaan karya ini mengikuti prinsip-prinsip yang terstruktur, dengan mengadaptasi metode Pande Made Sukerta dan I Wayan Beratha. Tahapan mencakup menyusun gagasan isi, menyusun ide garapan, dan menentukan garapan, sejalan dengan prinsip-prinsip dalam penyusunan karya musik menurut Sukerta. Selain itu, penata juga menerapkan metode Beratha yang mencakup langkah-langkah seperti Nguping, Menahin, Ngalusin, dan Ngebah, yang merupakan pendekatan tradisional dalam menciptakan karya seni musik di tradisi karawitan Bali. Melalui karya ini, penata ingin memberikan pengalaman mendalam tentang karakter unik Gong dan Bumbung Pipa, serta mengajak pendengar untuk meresapi keindahan Gema dalam dimensi musik eksperimental.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.A.M.Djelantik. 1999. Estetika: Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Adnyana, I. Made Putra; I. Gede Yudarta; Hendra Santosa. 2019. “Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung.” Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan 5(1):61–67.

Andika, I. Made Dwi. 2023. “Composition of Pacepuk Sang Hyang | Karya Musik Pacepuk Sang Hyang.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(3):152. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i3.307.

Bandem, I. Made. 2013. Gamelan Bali Di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: Badan Penerbit STIKOM Bali.

Daniswara, I. Putu. 2023. “Megineman Sebuah Komposisi Karawitan Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):134–42. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.335.

Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Hardjana, Suka. 2003. Corat-Coret Musik Kontemporer. Jakarta: Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Kariasa, I. Nyoman, and I. Kadek Tunas Sanjaya. 2023. “Introduction to Contemporary Music ‘Ngegong’ | Pengantar Musik Kontemporer ‘Ngegong.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(1):11–19. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.141.

Kariasa, I. Nyoman, Wardizal Wardizal, and Hendra Santosa. 2023. “The Creative Process of Creating Dance Accompaniment Gendhing Murdanata Dedarining Aringgit: The Mascot Dance of Nagasepaha Village in Buleleng Regency, Bali.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 18(2):146–58. doi: 10.33153/dewaruci.v18i2.4904.

Santosa, Hendra. 2020a. “Critical Analysis on Historiography of Gamelan Bebonangan In Bali.” Paramita: Historical Studies Journal 30(1):98–107. doi: 10.15294/paramita.v30i1.18480.

Santosa, Hendra. 2020b. Evolusi Gamelan Bali: Dari Banjuran Menuju Adi Merdangga. Cetakan 1. Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar.

Satya, I. Putu Gede Wira. 2023. “Introduction to the Contemporary Musical Composition ‘Life Style’ | Pengantar Komposisi Musik Kontemporer ‘Life Style.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):84–91. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.337.

Sukerta, Pande Made. 2011. Metode Penyusunan Karya Musik “Sebuah Alternatif.” Surakarta: ISI Press Surakarta.

Sutyasa, I. Made Agus Natih, Saptono Saptono, and I. Ketut Muryana. 2023. “Karya Karawitan Inovatif ‘Ngincung.’” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik 3(1):1–14. doi: 10.30872/mebang.v3i1.53.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-07

Terbitan

Bagian

Articles