Creation Music Pepanggulan Ki Gepang | Tabuh Kreasi Pepanggulan, “Ki Gepang”

Penulis

  • Deny Praditya Institut Seni Indonesia Denpasar
  • saptono saptono
  • I Ketut Partha Program Studi Seni Karawitan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.427

Kata Kunci:

Tabuh Kreasi, Pepanggulan, Gong Kebyar, Ki Gepang

Abstrak

Ki Gepang merupakan sebuah komposisi tabuh kreasi pepanggulan yang menggunakan gamelan Gong Kebyar sebagai media ungkap. Adapun tema yang diangkat dalam garapan ini yaitu pedang, pedang yang diangkat penata ini bukan sembarang pedang melainkan pedang pusaka peninggalan Manik Angkeran yang dahulu dipakai menebas ekor Naga Basuki dalam cerita Selat Bali yang sampai saat ini pusaka tersebut masih di sakralkan oleh masyarakat Banjar Tegal, Bebalang, Bangli. Ketertarikan penata mengangkat tema tersebut karena penata tertarik dengan aura magis dan kesakralan dari pusaka tersebut dan penata ingin mentransformasikan ketajaman, keagungan dan kesakaral dari pusaka tersebut ke dalam sebuah komposisi tabuh kreasi pepanggulan. Di dalam struktur musikalitasnya penata menggunakan struktur tri angga yaitu pengawit (Kepala), pengawak ( Badan), pengecet (Kaki) sebagai acuan dasar dalam penata berkarya. Dan dalam proses kreativitas penata menggunakan metode Tradisional Bali, dimana dalam konsep ini mengatakan bahwa ada 3 (Tiga) tahapan untuk proses penciptaan karya seni yaitu tahap konsepsi (ngarencana) , tahap eksekusi (ngewangun) dan ngebah/maedeng.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.A.M.Djelantik. (2004). Estetika Sebuah Pengantar (2nd ed.). Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MPSI).

Adnyana, I. M. P. I. G. Y. H. S. (2019). Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 61–67. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/670

Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali Diatas Panggung Sejarah. BP. STIKOM BALI.

Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani Metodologi Penciptaan Seni. Pusat Penerbitan LPPMPP Institut Seni Indonesia Denpasar.

I Kadek Tunas Sanjaya, I. N. K. (2021). Introduction to Contemporary Music “Ngegong” | Pengantar Musik Kontemporer “Ngegong.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(01), 11–19. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/141

Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 222–229. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1471

Prabawa, I. K. A. A., & I Ketut Partha. (2021). Bebarongan’s New Creation Composition “Inguh” | Komposisi Kreasi Baru Bebarongan “Inguh.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 01(01), 56–64. https://doi.org/10.25124/ghurnita.v1i1.217

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewaruci, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991

Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelang Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Saptono, Haryanto, T., & Hendro, D. (2019). Greng Sebuah Estetika Dalam Kerampakan Antara Gamelan dan Vokal. KALANGWAN Jurnal Seni Pertunjukan, 5(1), 29–38.

Sugiartha, I Gde Arya. (2015). Lekesan: Fenomena Seni Musik Bali. UPT Penerbitan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sugiartha, I Gede Arya. (2012). Kreativitas Musik Bali Garapan Baru Perspektif Cultural Studies. Institut Seni Indonesia Denpasar.

Supriyadnyana, P. G. Wirya, Mustika, P. G., & Muryana, K. (2020). Tabuh Kreasi Pepanggulan AMANDE. Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan, 6(1), 16–25. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/1115

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-03

Terbitan

Bagian

Articles