Karawitan Composition “Pancung” | Komposisi Karawitan “Pancung”

Penulis

  • wayan ade Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Komang Sudirga Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i1.475

Kata Kunci:

Pancung, Gong Gede Saih Pitu

Abstrak

Karya karawitan Pancung merupakan sebuah karya yang terinspirasi dari fenomena keindahan alam terutama gemericik aliran air di sekitar aliran sungai Pancung yang dihiasi ukiran tebing batu cadas dengan lingkungan pura Bejinya yang sakral. Sepanjang aliran sungai yang terletak di sebelah barat Banjar Kebon Singapadu, memiliki daya tarik tersendiri seperti air terjun, sumber mata air, tebing-tebing yang alami maupun yang sudah diukir oleh warga sekitar. Kawasan ini lumrah disebut warga setempat sebagai Beji Pancung. Berdasarkan fenomena alam tersebut, muncul suatu ketertarikan bagi penata untuk mengolah ke dalam sebuah komposisi karawitan inovatif. Adapun media ungkap yang diusung untuk mendukung ide tersebut adalah seperangkat Gamelan Gong Gede Saih Pitu dengan tambahan instrumen angklung kocok. Metode penciptaan pada karya ini menggunakan pendekatan proses kreativitas dari Alma M. Hawkins, yakni eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Komposisi ini berpijak pada struktur tri angga, yaitu kawitan, pengawak, dan pengecet. Ketiga bagian dalam struktur, masing-masing menggambarkan suasana dan fenomena keindahan alam Pancung dari hulu hingga hilir yang dapat dicermati melalui pengolahan pola-pola pada unsur musikal, seperti melodi, ritme, tempo, harmoni, dan dinamika, serta permainan patet yang kaya akan nuansa auditif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bandem, Made. 1986, Prakempa Sebuah Lontar Gamelan Bali. Denpasar; Akademi Seni Tari ISI Denpasar

Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah. Denpasar ; Badan Penerbit STIKOM

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik .Yogyakarta; Knisius

Djohan. 2016. Psikologi Musik. Yogyakarta; Percetakan Galangpress

Harjana, Suka. 2004. Musik (antara kritik dan apresiasi). Jakarta; Buku Kompas

Sjukur, Slamet Abdul. 2012. Virus Seta. Yogyakarta; Art Musik Today

Sugiarta, I Gede Arya. 2012. KreatifitasMusik Bali Garapan Baru. Denpasar; UPT Penerbitan ISI Denpasar

Sukerta, Pande Made. 2011. Metode Penyusunan Karya Musik; sebuah alternativ.: ISI Surakarta

Soedarsono. 1986.”Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari”. Jakarta : Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Direktorat Kesenian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tantra, I Nyoman. 1991. Bentuk saih tetekep dan patutan dalam gamelan tujuh nada di Bali. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tenzer, Michel. 2007. Gamelan Gong Kebyar: Seni Musik Bali Abad ke duapuluh. Chicago : University of Chicago Press

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-01

Terbitan

Bagian

Articles