PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN SENI RUPA KELAS XI

Isi Artikel Utama

I Putu Wahyu Widiana
I Gede Mawan
I Wayan Diana Putra

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas dan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran seni budaya materi seni rupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan kreativitas siswa. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning yang berorintasi pada salah satu kearifan lokal bali yakni Tri Hita Karana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pelajaran seni rupa serta memberikan pembelajaran yang lebih bermakna.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan yang digunakan selama dilaksanakannya penelitian ini adalah pendekatan saintifik. Kajian sumber penelitian ini dengan menggunakan beberapa buku dan jurnal, sedangkan teori yang digunakan adalah teori belajar, dan teori estetika. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learmning Berorientasi Tri Hita Karana yaitu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik karna siswa belajar menciptakan karya atau produknya sendiri sesuai dengan ide-ide yang dimiliki sehingga nantinya berpengaruh pada peningkatan kreativitas siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran selama kegiatan penelitian ini adalah metode diskusi kelompok, penugasan serta demonstrasi. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner kreativitas siswa. Berdasarkan hasil angket/kuesioner yang diisi oleh siswa menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata sebesar 4.6 disesuikan dengan kategori Penilaian Acuan Ideal Teoritik (PAIT) berada pada kategori “sangat tinggi” sehingga model pembelajaran Project Based Learning berorientasi Tri Hita Karana dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahyu Widiana, I. P., Mawan, I. G., & Putra, I. W. D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PELAJARAN SENI RUPA KELAS XI. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2166
Bagian
Articles