PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN KLUNGKUNG

Isi Artikel Utama

Dewa Ayu Dewi Indra Suari
Ni Wayan Iriani
Reni Anggraeni

Abstrak

Seni budaya merupakan salah satu muatan pelajaran wajib yang diselenggarakan di dalam penyelenggara pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan dasar (SD) hingga menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK). Kualitas guru memiliki peranan yang penting terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Media pembelajaran merupakan suatu yang sangat penting dalam penyampaian materi dari guru kepada siswa. Kegiatan Asistensi Mengajar ini dilakukan dengan memilih SMP Negeri 1 Banjarangkan Klunkung sebagai mitra selama proses belajar mengajar berlangsung. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 3 bulan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT), siswa memainkan permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. Ciri khas dalam pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan pembelajaran Cooperative lainnya adalah adanya turnamen. Tujuan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament adalah peningkatan minat siswa dalam pembelajaran Seni budaya (Tari) dan juga adanya peningkatan hasil belajar siswa. Bermain berperan penting dalam perkembangan sosial dan emosi seorang anak, selain itu bermain juga berperan langsung terhadap perkembangan kognisi anak. Salah satu permainan yang familiar dengan anak dari zaman dahulu sampai saat ini adalah permainan ular tangga. Permainan ular tangga dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena permainan ular tangga merupakan jenis permainan yang di dalamnya terdapat strategi, kejujuran, ketangkasan, kepemimpinan, wawasan dan kerja sama.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suari, D. A. D. I., Iriani, N. W. ., & Anggraeni, R. . (2024). PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN KLUNGKUNG. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.59997/pensi.v4i1.3045
Bagian
Articles