STRATEGI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA TATAP MUKA TERBATAS DI SMP BERINGIN RATU SERUPA INDAH

Isi Artikel Utama

Wayan Suwece
Putu Sandra Devindriati Kusuma

Abstrak

Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang guna untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Selama masa pandemi Covid-19 strategi pembelajaran yang dirancang oleh guru tentunya berbeda dengan pembelajaran pada masa pembelajaran sebelumnya, khususnya strategi yang digunakan pada pembelajaran seni budaya. Mata pelajaran seni budaya umumnya terdiri dari materi berupa materi teori dan materi praktik, yang memiliki kesulitan tersendiri dalam menerapkan strategi pembelajaran yang tepat terutama pada masa pandemi Covid-19. Maka penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana strategi yang digunakan guru dalam merancang pembelajaran khususnya pada mata pelajaran seni budaya yang berlangsung selama masa pandemi Covid-19. Lokasi penelitian adalah SMP Beringin Ratu Serupa Indah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menghasilkan data-data dalam bentuk deskriptif berupa kata-kata naratif atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Adapun hasil penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran selama pandemi Covid-19 di SMP Beringin Ratu Serupa Indah pada mata pelajaran seni budaya selama masa pandemi Covid-19 menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas yang dipadukan dengan pembelajaran asinkron atau pembelajaran yang sumber belajar diberikan atau didapat secara online oleh peserta didik dengan jeda waktu tertentu. Selanjutnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran seni budaya berupa penerapan model blended learning

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wayan Suwece, & Putu Sandra Devindriati Kusuma. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA TATAP MUKA TERBATAS DI SMP BERINGIN RATU SERUPA INDAH. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.59997/pensi.v1i1.850
Bagian
Articles