PEMBELAJARAN SENI RUPA MENDESAIN POSTER GLOBAL WARMING DENGAN MEMANFAATKAN SAMPAH PLASTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.59997/pensi.v5i1.5724Kata Kunci:
pembelajaran Seni rupa, poster, global warming, sampah plastikAbstrak
Program asistensi mengajar ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan penumpukan sampah plastik sekaligus meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni rupa. Melalui pembelajaran mendesain poster bertema global warming, siswa diajak memanfaatkan sampah plastik sebagai media kolase. Metode pelaksanaan kegiatan ini mengadaptasi model pembelajaran Project Based Learning, di mana siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Mengwi diberikan kebebasan berkreasi dengan memanfaatkan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) pada sampah plastik. Proses pembelajaran juga diimbangi dengan metode lain seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Kegiatan pembuatan poster dilakukan secara berkelompok untuk menumbuhkan kerja sama antar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa karya poster yang dipajang di mading sekolah tidak hanya mencerminkan peningkatan nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa, tetapi juga membuktikan bahwa pembelajaran mendesain poster dengan memanfaatkan sampah plastik berjalan efektif dan efisien. Dampak positif dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran siswa akan isu lingkungan melalui pemanfaatan limbah dan pengembangan kreativitas mereka dalam seni rupa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
