ASISTENSI MENGAJAR PEMBELAJARAN TARI LIMA SERANGKAI METODE DRILL DI SMP NEGERI 1 PAYUNG

Penulis

  • Yerin Yesita Br Tarigan Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Lus Sustiawati Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • A.A Trisna Ardanari Adipurwa Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2205

Kata Kunci:

Pembelajaran, Drill, Tari, Asistensi Mengajar, MBKM

Abstrak

Program MBKM berupa asistensi mengajar adalah program MBKM yang dilakukan mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan dilaksanakan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menegah atas. Praktik program asistensi mengajar di satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan, selain itu program ini juga bertujuan untuk membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman. Melalui program asistensi mengajar, penulis memutuskan untuk memberikan sebuah pembelajaran tari tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Utara, yaitu Tari Lima Serangkai di SMP Negeri 1 Payung. Penulis menggunakan metode Drill yang merupakan suatu metode cara penyajian bahan pembelajaran dengan cara melatih peserta didik secara berulang-ulang dan sungguh- sungguh dalam bentuk lisan maupun aktivitas fisik (praktek) secara langsung agar peserta didik memiliki keterampilan tinggi dalam menguasai bahan pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Tarigan, Y. Y. B., Sustiawati, N. L., & Adipurwa, A. T. A. (2023). ASISTENSI MENGAJAR PEMBELAJARAN TARI LIMA SERANGKAI METODE DRILL DI SMP NEGERI 1 PAYUNG. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2205

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.