PERSEPSI GURU TERHADAP OPTIMALISASI MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.59997/pensi.v5i1.5719Kata Kunci:
pembelajaran daring, seni rupa, optimalisasi, teknologi Pendidikan, pemanfaatan media onlineAbstrak
Era digital semakin berkembang apalagi semenjak wabah COVID-19, segala aktivitas dilakukan dari rumah sehingga teknologi sangat dimanfaatkan, terutama dalam pendidikan. Para siswa di sekolah memiliki kebiasaan baru dengan pembelajaran secara daring. Namun, guru dan siswa masih kesulitan dalam pembelajaran seni rupa yang membutuhkan praktik secara langsung. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru terhadap pemanfaatan media daring dalam pembelajaran seni rupa di tiga sekolah yang ada di Jawa Barat, yaitu MAN 4 Cirebon, SMAN 1 Kadugede, dan SMKN 14 Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data secara wawancara dengan guru seni rupa dari tiga sekolah berbeda. hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring memiliki keunggulan dari sisi fleksibilitas waktu dan tempat. Namun, tetap saja masalah yang selalu muncul seperti koneksi internet tidak stabil dan keterbatasan perangkat pada siswa, hingga mengurangi kedisiplinan siswa. Para narasumber mengungkapkan pembelajaran daring akan lebih efektif jika hanya memberikan teori tanpa praktik seni secara langsung. Namun, dengan teknologi terbaru pembelajaran praktik seni dapat diatasi, contohnya media video dan gambar bersama secara digital live time. dapat disimpulkan, optimalisasi media daring dapat mendukung pembelajaran seni rupa. Diperlukan strategi dan teknologi yang lebih baik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran seni rupa, terutama pada aspek praktik seni. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengaruh bagi pengembang strategi pembelajaran seni rupa dengan era digital agar lebih efektif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
